https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/issue/feedJurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA2023-12-03T00:18:14+00:00Yogi Bagus Adhimasyogiadhimas@unesa.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal<strong>Pendidikan Bahasa Mandarin</strong> adalah jurnal penelitian yang diperuntukkan bagi mahasiswa</p> <p> </p>https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/57526Representasi Gay Dalam Komik Digital《经久》Jīngjiǔ Volume Ke-2 Karya 静水边 Jìng Shuǐbiān (Kajian Semiotika Roland Barthes)2023-11-21T04:20:29+00:00Maretha Wulan Sarimaretha.19035@mhs.unesa.ac.idAnas Ahmadianasahmadi@unesa.ac.idAbstrak Komik digital sering menjadi media yang mencerminkan beragam aspek kehidupan sosial, termasuk isu- isu identitas seksual seperti homoseksualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bentuk representasikan gay dalam komik digital 《经久》jīngjiǔ volume ke-2 dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini berfokus pada analisis berbagai perilaku non-verbal yang merepresentasikan gay. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komik digital 《经久》jīngjiǔ volume ke-2 yang terdiri dari dari 17 episode yang sudah peneliti pilih, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa potongan gambar dari tiap adegan yang ada pada komik digital 《经久》 jīngjiǔ volume ke-2. Metode penelitian melibatkan observasi, dan dokumentasi terhadap potongan gambar dalam setiap adegan di komik digital yang merepresentasikan gay. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa komik digital 《经久》jīngjiǔ volume ke-2 merepresentasikan gay melalui tanda-tanda perilaku non-verbal karakter yang mengandung makna simbolik. Dari analisis semiotika Roland Barthes ini mengungkapkan bahwa perilaku non-verbal yang merepresentasikan gay tersebut tidak hanya menciptakan makna tetapi juga dapat menyampaikan pemahaman sosial tentang homoseksualitas. Penelitian ini ini dapat membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut tentang representasi gay dalam media komik digital dan mengungkapkan yang lebih dalam mengenai beragam identitas seksual yang ada dalam masyarakat. Kata Kunci: Komik Digital, Representasi Gay, Semiotika Roland Barthes. Abstract Digital comics are often a medium that reflects various aspects of social life, including sexual identity issues such as homosexuality. This research aims to investigate forms of gay representation in the digital comic 《经久》jīngjiǔ volume 2 using Roland Barthes' semiotic approach. This research focuses on analyzing various non-verbal behaviors that represent gay people. This research uses a research method with a descriptive qualitative approach. The data source used in this research is the digital comic 《经久 》jīngjiǔ volume 2 which consists of 17 episodes that the researcher has selected, while the data used in this research is in the form of stills from each scene in the digital comic 《经久》jīngjiǔ 2nd volume. The research method involves observation and documentation of images in each scene in digital comics that represent gay people. The results of this research reveal that the digital comic 《经久》jīngjiǔ volume 2 represents gay people through signs of non-verbal behavior of characters that contain symbolic meaning. Roland Barthes' semiotic analysis reveals that non-verbal behavior that represents gayness not only creates meaning but can also convey social understanding about homosexuality. This research can pave the way for further research on gay representation in digital comic media and reveal more depth about the various sexual identities that exist in society. Keywords: Digital Comics, Gay Representation, Roland Barthes Semiotics.2023-11-21T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/57627Pengembangan Media Pembelajaran (Xuéxí Shùzì) Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Angka 1-10 dalam Bahasa Mandarin bagi Murid TK Negeri Pembina 1 Jetis Kabupaten Mojokerto2023-12-03T00:18:14+00:00Vinolia Istiqomah Ajivinolia.19029@mhs.unesa.ac.idMintowati Mintowatimintowati@unesa.ac.idAbstrak Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran bahasa Mandarin, yaitu media (Xuéxí Shùzì) berbasis Augmented Reality untuk pembelajaran angka 1-10 dalam bahasa Mandarin bagi murid TK Negeri Pembina 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan media serta menguji aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996 yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pertama 1) terciptanya media (Xuéxí Shùzì) sesuai model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996, karena model pengembangan ini terfokus pada pengembangan media dengan alur pengembangan dimulai dari menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi. 2) aspek kevalidan ahli media mendapat persentase sebesar 86% dan penilaian dari ahli materi mendapat persentase sebesar 98%, menurut skala likert hasil tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak. 3) aspek keefektifan melalui hasil rata-rata posttest memperoleh persentase sebesar 89%, sehingga termasuk dalam kriteria sangat efektif sesuai dengan standar penilaian skala likert. 4) aspek kepraktisan melalui angket respon murid memperoleh persentase sebesar 86%. Mengacu pada hasil penelitian yang telah dijelaskan bahwa media (Xuéxí Shùzì) layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran angka 1 sampai 10 dalam bahasa Mandarin. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Pembelajaran Angka 1-10, Taman Kanak-Kanak. Abstract This research develops Mandarin language learning media, namely media learn numbers (Xuéxí Shùzì) based Augmented Reality for learning numbers 1-10 in Mandarin for students at the Pembina 1 Jetis State Kindergarten, Mojokerto Regency. This research aims to describe the media development process and test three aspects, namely validity, effectiveness and practicality using the ADDIE development model developed by Dick and Carry in 1996 which includes Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research uses quantitative and qualitative approaches. First research results 1) creation of media learn numbers (Xuéxí Shùzì) according to the ADDIE development model developed by Dick and Carry in 1996, because this development model focuses on media development with a development flow starting from analyzing, designing, developing, implementing and evaluating. 2) the validity aspect of media experts gets a percentage of 86% and the assessment from material experts gets a percentage of 98%, according to the scale likert These results are included in the very feasible criteria. 3) effectiveness aspect through average results posttest obtained a percentage of 89%, so it is included in the very effective criteria according to the standard assessment scale likert. 4) practical aspects through the student response questionnaire obtained a percentage of 86%. Referring to the research results that have been explained, media learn numbers (Xuéxí Shùzì) suitable for use as a supporting medium for learning the numbers 1 to 10 in Mandarin. Keywords : Development, Learning Media, Learning Numbers 1-10, Kindergarten.2023-11-21T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##