Kesadaran Hukum Konsumen atas informasi obat bebas yang dikonsumsi oleh konsumen di surabaya

  • NURUL IDA APRILLIA

Abstract

Tingginya konsumsi obat bebas menjadi dasar dari penelitian ini. Saat ini, banyak produk obat bebas yang telah dipasarkan oleh beberapa pelaku usaha. Salah satu kewajiban pelaku usaha adalah memberikan informasi kepada konsumen. Hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan serta diatur lebih rinci dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 2380/A/SK/VI/1983 tentang Penandaan Label mengenai Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas. Namun, selain peran pelaku usaha dalam memenuhi kewajibannya untuk memberikan informasi, peran konsumen untuk membaca setiap informasi juga sangatlah penting. Konsumen memiliki kewajiban untuk membaca setiap informasi yang tercantum dalam kemasan obat. Kepatuhan konsumen untuk membaca informasi obat merupakan salah satu bentuk kesadaran hukum konsumen. Indikator kesadaran hukum diperlukan untuk mengetahui tingkat kesadaran hukum konsumen. Adapun indikator tersebut adalah pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum dan perilaku hukum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran hukum konsumen atas informasi obat bebas yang dikonsumsi oleh konsumen di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil dari observasi langsung dan wawancara dengan obyek penelitian. Adapun lokasi penelitian ini tersebar di 5 (lima) apotik yang lokasinya dekat Rumah Sakit Umum milik pemerintah.Kesadaran hukum konsumen atas informasi obat bebas yang dikonsumsi oleh konsumen yang diteliti sudah cukup baik namun kesadaran hukumnya masih dalam tataran sikap hukum saja. Kesadaran hukum konsumen tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor tersebut adalah usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, penghasilan dan status perkawinan. Konsumen yang berusia 20-30 tahun memiliki kesadaran hukum yang cukup baik. Konsumen yang berjenis kelamin perempuan memiliki kesadaran hukum yang lebih baik dibandingkan dengan konsumen laki-laki. Konsumen yang berprofesi sebagai karyawan swasta memiliki kesadaran hukum yang baik. Konsumen yang berpendidikan strata 1 memiliki kesadaran hukum yang lebih baik dibandingkan dengan konsumen yang berpendidikan Sekolah Menengah Atas.  Konsumen yang berpenghasilan 1.000.000-2.000.000 juga memiliki kesadaran hukum yang cukup baik, sama seperti konsumen yang berpenghasilan diatas 4.000.000. Terakhir, konsumen yang belum menikah memiliki kesadaran hukum yang lebih baik dibandingkan dengan konsumen yang sudah menikah. Namun, kesadaran hukum konsumen dalam penelitian ini, hanya sampai pada tataran sikap hukum saja.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesadaran hukum konsumen atas informasi obat bebas yang dikonsumsi oleh konsumen yang diteliti dalam penelitian ini cukup baik. Namun, masih ada beberapa obyek penelitian yang tidak mengetahui adanya aturan tentang informasi yang harus ditulis dalam kemasan obat. Sehingga, peran pemerintah dalam mensosialisakan peraturan tersebut sangatlah dibutuhkan oleh konsumen.

Kata Kunci : Informasi Obat Bebas, Kesadaran Hukum, Konsumen.

 

ABSTRACT

Basically, the main topic of this research is about the high consumption of drug over the counter. Nowadays, there are so many products of drug over the counter issued by producers. The producers have to give information for consumers. The obligation for giving information has been written on some regulations, such as, law Number 8 Year 1999 concerning consumers protection, Government Regulation Number 72 Year 1998 concerning protection of drug stock and health equipment, and minister decree Number 2380 Year 1983 concerning sign of drug over the counter. However, besides producers role to give the information, consumer’s role is important too. Consumers have to read all informations that have been written on the drug package. Consumer’s complience for reading the information is a sign that consumers have the legal awareness. There are some indicators for knowing the legal awareness. Those indicators are knowledge of law, the understanding of law, the attitude of law and the behavior of law. The purpose of this research is for knowinglegal awareness about information of drug over the counter who’s consumed by consumers in Surabaya.This research uses descriptive qualitative method. The data are taken from the spot observation and direct interview with the research object. Meanwhile, the locations of this research is in 5 (five) drug stores near the government’s hospital.Legal awareness about information of drug over the counter who’s consumed by consumer who’s researched in this research is good. There are some factors that can influence legal awareness. The factors are age, gender, job, education, income and marital status. Consumers aged 20-30 years have good legal awareness. Legal awareness of consumers who are female is better than male. Consumers who work as private employees have good legal awareness. Consumers who have bachelor degree have good legal awareness than consumers who are graduated from High School. Consumers who have income of 1.000.000-2.000.000 also have the same good legal awareness as consumers who have income of upper than 4.000.000. Lastly, legal awareness of consumers who are single are better than married, but, the legal awareness of consumers in this research is only in law attitude category.The conclusion of this research is that legal awareness about information of drug over the counter who’s consumed by consumer who’s researched in this research is good. But, there are some research objects do not know about the regulations. So, government’s role are needed for socialization of the regulations.

Keywords : Information of Drug Over The Counter, Legal Awareness, Consumers.

Published
2015-07-15
Section
ART 1
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 0