ANALISIS YURIDIS CONTENT ID SEBAGAI PELINDUNGAN HAK CIPTA ATAS VIDEO YANG DIUNGGAH DI YOUTUBE

  • Yoseph Garintio Apriyesafian Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Hermono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Youtube merupakan media sosial yang dapat digunakan Youtuber untuk mengunggah video. Youtube melindungi video yang diunggah dengan sistem Content ID. Namun, adanya Content ID ini menjadi tidak sesuai dengan prinsip deklaratif hak cipta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami apakah Content ID pada Youtube memberikan pelindungan hak cipta bagi Youtuber di Indonesia serta apakah upaya hukum yang dapat dilakukan Youtuber untuk melindungi video yang diklaim hak ciptanya oleh pihak lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep. Bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan mencari bahan hukum kemudian dilakukan analisis dengan metode preskriptif. Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa Content ID dapat digunakan sebagai pelindungan hak cipta yang ada di Youtube. Content ID dapat digunakan oleh Youtuber dengan memenuhi beberapa kriteria tertentu. Pencatatan melalui Content ID tidak sesuai dengan prinsip deklaratif hak cipta.. Youtuber yang telah terdaftar ke Content ID dapat menggunakan sistem tersebut untuk mengontrol dan mengelola video miliknya di Youtube agar mudah melakukan klaim hak cipta apabila terdapat pihak lain yang melanggar hak cipta. Klaim hak cipta yang dapat dilakukan Youtuber berupa pemblokiran, monetisasi, dan melacak penayangan video. Kedua, upaya hukum yang dapat dilakukan oleh Youtuber apabila ciptaannya diklaim pihak lain dapat dilakukan dengan upaya hukum preventif dan represif. Pada penelitian ini penulis menyarankan bahwa perlu diatur ke dalam peraturan menteri mengenai pelindungan hak cipta melalui Content ID agar memiliki payung hukum.

Published
2021-07-30
Section
ART 1
Abstract Views: 250
PDF Downloads: 289