Studi Kasus Pola Asuh Otoriter Dan Permisif Pada Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4 Tahun Di Tk Pancasila 1 Surabaya (Penelitian Pada Kelompok A Tk Pancasila 1 Surabaya)

Studi Kasus Pola Asuh Otoriter Dan Permisif Pada Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4 Tahun Di Tk Pancasila 1 Surabaya (Penelitian Pada Kelompok A Tk Pancasila 1 Surabaya)

  • ANYTALIA PUTRI FARAHITA UNIVERSITAS NEGRI SURABAYA

Abstract

Aspek sosial emosional merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan oleh anak usia dini. Aspek sosial emosional dapat dikembangkan melalui pembiasaan sehari-hari salah satunya yaitu pola asuh. Berdasarkan tujuan yang telah di buat, penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan perbedaan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif yang di terapkan dalam satu keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) wawancara, (2) dokumentasi dan (3) observasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan perbedaan pola asuh antara kedua orang tua dapat menyebabkan anak kebingungan dan lebih condong pada salah satu orang tua yang di anggapnya baik atau selalu menuruti apa yang ia mau. Pemilihan pola asuh juga harus dipikirkan secara tepat, karena dengan memilih pola asuh yang tepat dapat menstimulasi perkembangan anak untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Published
2022-03-14
Section
Articles
Abstract View: 47
PDF Download: 85