PENGARUH MEDIA PINTU BERKANTONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK “NITASARI” GUBENG SURABAYA

  • Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati

Abstract

Abstrak

Pada penelitian ini memilih media pintu berkantong yang digunakan untuk mengenalkan huruf vokal pada anak kelompok A di TK Nitasari Gubeng Surabaya. Pemilihan media ini dimana nantinya digunkan saat sebelum pembelajaran yang dimana anak dapat serta menyebutkan kata benda, nama binatang atau buah yang berawalan huruf vokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pintu berkantong terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Nitasari Surabaya dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbahasa atau mengenal suku kata . Subyek dari penelitian ini berjumlah 41 anak. Penelitian ini  menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen, Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik. Dari hasil perhitungan SPSS menunjukkan nilai signifikansi 2 tailded yaitu .000 < 0.05 maka dapat disimpulkan adanya pengaruh media pintu berkantong terhadap kemampuan mengenal huruf vocal pada anak kelompok A di TK Natisari Gubeng Surabaya secara siginifikan. Hal ini sudah diperkuat dengan hasil statitik deskriptif pada kelas eksperimen yang menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak kelompok  A di TK Natisari Gubeng Surabaya sebesar 30.9 hasil ini jauh berbeda dengan kelas kontrol yaitu sebesar 18.95. Sehingga media pintu berkantong sangat cocok untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf vocal pada anak. Selain memperluas kata dalam huruf vocal pada anak penggunaan media ini bisa menjadikan variasi pembelajaran di kelas untuk menarik minat dan semangat belajar anak.

Kata kunci:  media pintu berkantong, huruf vokal

Published
2022-06-10
Section
Articles
Abstract View: 17
PDF Download: 18