Upaya Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A di RA At-Tauhid Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Sakinah Mufidah Maharani Alfimas Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kemampuan interaksi sosial anak usia dini menjadi salah satu aspek yang sangat perlu untuk ditingkatkan karena kemampuan interaksi sosial sangat dibutuhkan oleh anak usia dini agar anak dapat menjalin komunikasi dan interaksi dengan orang yang ada di sekitarnya. Kemampuan interaksi sosial anak dapat ditingkatkan dengan melalui berbagai upaya yang diterapkan oleh orang tua dan guru anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di RA At-Tauhid Surabaya, upaya yang dilakukan oleh orang tua dan guru dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak memiliki pengaruh pada diri anak usia dini. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa upaya pemberian contoh atau teladan, nasehat, perhatian, serta pembiasaan pada diri anak usia dini dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak dengan orang yang ada di sekitarnya. Sehingga orang tua dan guru harus mampu memilih dan menentukan upaya seperti apa yang mampu memaksimalkan kemampuan interaksi sosial anak usia dini. Selain itu, orang tua dan guru juga perlu menyesuaikan upaya yang akan diterapkan dengan kepribadian masing-masing anak agar anak mampu berinteraksi dengan baik terhadap orang yang ada di sekitarnya baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Kata Kunci: pola pengasuhan, kemampuan interaksi sosial anak

Published
2022-06-22
Section
Articles
Abstract View: 10
PDF Download: 4