PAUD Teratai https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA en-US nurrakhmawati@unesa.ac.id (Nur ika sari Rakhmawati) sriwidayati@unesa.ac.id (Sri Widayati) Wed, 28 Jul 2021 17:19:19 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Permainan Maze Elektronik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini di TK Idhata Unesa https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42653 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan guna mengetahui keefektifan Media pembelajaran tentang kecerdasan naturalis berbasis aplikasi yang dapat digunakan melalui <em>Smartphone, </em>aplikasi tersebut yaitu <em>Maze </em>elektronik Kecerdasan Naturalis perlu dikembangkan dalam diri anak sejak usia dini, tujuan pengembangan media Maze elektronik yaitu untuk mengetahui pengembangan, efektivitas dan kelayakan media <em>Maze </em>elektronik terhadap stimulus pembelajaran kecerdasan Naturalis untuk anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian pengembangan 30 anak usia dini di TK Idhata Unesa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik penyebaran kuesioner online melalui <em>google form </em>disertai video pendukung prosedur penggunaan media <em>Maze </em>elektronik. Teknik analisis kelayakan dan keefektifan media <em>M</em><em>aze </em>elektronik menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase penilaian yang sudah ditentukan. Diperoleh hasil bahwa media <em>Maze </em>elektronik dikatakan layak dalam pembelajaran kecerdasan naturalis anak usia dini. Kelayakan uji coba ahli media diperoleh hasil dengan kriteria “baik” keterangan “layak” (79%), uji coba ahli materi diperoleh hasil dengan kriteria “baik” keterangan “layak” (80%), uji coba oleh orang tua diperoleh hasil dengan kriteria “sangat baik” keterangan “sangat layak” (94%). Penelitian ini memberi inovasi baru dibidang pendidikan yaitu media pembelajaran untuk anak usia dini yang dapat membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran kecerdasan naturalis. Anak dapat memperoleh pengalaman menyaksikan kenampakan <em>flora </em>dan<em> fauna </em>dengan berdiam diri dirumah guna menjaga keaman dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media <em>Maze </em>Elektronik layak dan efektif digunakan pada pembelajaran kecerdasan naturalis untuk anak usia dini.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>kata kunci : </strong><em>Maze </em>Elektronik, kecerdasan Naturalis, Anak Usia dini.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstract </strong></p> <p><em>Naturalist intelligence is the intelligence that everyone has at the beginning of his life. Early childhood children have better naturalist intelligence that adults because children can enjoy the natural environment in depth and do not think that heir surroundings are just the bacground of every event they experience. Naturalis intelligence needs to be &nbsp;developed in children from an early age. The aim of developing electronic M</em><em>aze media is to determine the development, effectivieness, and feasibility of electronic M</em><em>aze media against naturalist intelligence learning stimuli for early childhood. This type of research uses Research an Development (R&amp;D) with the ADDIE development model. The subjects of development research were 30 early childhood students at TK Idhata Unesa. The data was collected using the online questionnaire distribution technique via google form accompanied by a video supporting the use of electronic M</em><em>aze media. The method of analyzing the fasibility and effectivenes of the electronic M</em><em>aze media uses qualitative and quantitative descriptive analysis with a predetermined percentage of the assessment. The results show that the electronic M</em><em>aze media is feasible in learning naturalist intelligence in early childhood. The feasibility of teasting by media experts obtained results with the criteria “good”, and the informations was “feasible” (79%), the material expert trial obtained results with the criteria “good”, the information was “feasible (80%), the attempt by parents brough the results with the criteria “very good” description “very feasible” (94%). This research provides innovations in education, namely learning media for early childhood, that can help achieve the learning objectives of naturalis intelligence. Children can gain experience witnessing the appearance of flora and fauna by staying at home to maintain safety and comply with health protocols established by the government. Based on the results of this study, the electronic M</em><em>aze media is feasible and effective to use in naturalist intelligence learning for early childhood. </em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Electronic Maze, Naturalist Intelligence, Early Childhood</em><strong><em>. </em></strong></p> <p>&nbsp;</p> Nabila Aulia Nastiti, Kartika Rinakit Adhe ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42653 Thu, 26 Aug 2021 08:31:16 +0000 PENGEMBANGAN RPPH BERBASIS STEAM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42703 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun, sebagai referensi untuk melaksanakan pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEAM. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode survey. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan produk berupa rancangan Rencana Pelaksanaan pembelajaran Harian (RPPH) berbasis STEAM dengan hasil perhitungan kelayakan sebesar 81% dari validator sehingga produk dikatakan sangat layak. Hasil implementasi produk pada guru PAUD diperoleh perhitungan sebesar 83,94%. Produk RPPH berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun&nbsp; dilengkapi dengan PROSEM, RPPM, concept web, subject web, buku tema dan lesson plan, dan diharapkan guru mampu membuat kegiatan pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga semua aspek tersebut dapat diintegrasikan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>RPPH, STEAM, PAUD.</p> putri alisa qotrun nada, Muhammad Reza ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42703 Sun, 05 Sep 2021 14:02:28 +0000 PENGEMBANGAN PERANGKAT RPPH BERBASIS 4C PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42708 <p>Perkembangan abad 21 yang semakin pesat mengharuskan guru mampu membekali anak dengan kemampuan kecakapan hidup (<em>Life Skill</em>), kemampuan ini dapat diperoleh melalui model pembelajaran berbasis 4C (<em>Critical thinking, Creativity, Communication and Collaboration</em>). Model pembelajaran ini sudah di Indonesia, namun belum terimplementasi secara menyeluruh. Melihat hal ini peneliti melakukan survey dan observasi untuk mengetahui kendala dalam pengimplikasian model pembelajaran 4C. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat RPPH berbasis 4C untuk anak usia 5-6 tahun dan Keterbacaan guru pada perangkat RPPH berbasis 4C untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian R&amp;D (Reasearch and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang ditujukan kepada ahli materi untuk expert judgement kelayakan perangkat RPPH berbasis 4C yang dibuat. Hasil persentase yang diperoleh dari ahli materi pertama sebesar 96,9% dan ahli materi kedua sebesar 96,2% yang dikategorikan sangat layak. Subjek penelitian ini adalah 25 guru TK yang ada di TK Pembina dan TK Little Star Surabaya untuk menjadi validator keterbacaan terhadap produk yang dikembangkan dan memperoleh persentase 88,4% dan dikategorikan sangat layak. Hasil persentase kelayakan dan keterbacaan terhadap perangkat RPPH berbasis 4C, maka pengembangan perangkat RPPH berbasis 4C sangat layak sebagai pedoman guru dalam pembelajaran 4C diabad 21.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>RPPH, 4C (<em>Critical thinking, Creativity, Communication and Collaboration</em>)</p> Bella Sarie Batoran, Muhammad Reza ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42708 Sun, 05 Sep 2021 14:17:33 +0000 PENGEMBANGAN PERANGKAT RPPH BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42709 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><strong>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </strong>Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), berbasis <em>High Order Thinking Skill</em> (Hots). Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pengetahuan dalam membuat perencanaan pembelajaran,&nbsp; dan bertujuan untuk membuat produk berupa perangkat RPPH (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian) PAUD berbasis <em>high order thinking skill</em>, yang merupakan pembelajaran untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 pada anak usia 5-6 tahun, yang dapat membantu guru untuk merencanakan pembelajaran berbasis <em>high order thinking skill</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Subjek penelitian ini adalah juga 25 guru TK di kecamatan Genteng, Banyuwangi, validator penelitian ini adalah ahli dengan minimal pendidikan S2 yakni dosen pendidikan anak usia dini Universitas Negeri Surabaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Angket atau kuesioner, yang diberikan kepada 2 orang ahli dan juga 25 guru TK di kecamatan Genteng, Banyuwangi. Hasil&nbsp; penilaian ahli materi 1 sebesar 96.7%, ahli materi 2 sebesar 95.8%, yang menunjukan bahwa produk pada penelitian ini sangat layak. Penilaian dari guru sebesar 89,8% dan dinyatakan valid. Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan RPPH berbasis ini terbukti layak dan dapat menjadi refrensi bagi guru dalam membuat perencanaan RPPH berbasis<em> High Order Thinking Skill.</em></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>RPPH,HOTS, Guru.</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The purpose of this development research is to produce a Learning Implementation Plan (RPPH) model based on High Order Thinking Skills (Hots). </em><em>This research is motivate by a teacher ignorance to create High Order Thinking Skill learning plan and aim for create product RPPH . </em><em>which is learning to face the era of the industrial revolution 4.0 for children aged 5-6 years,</em> <em>which help a teacher for make a learning based High Order Thinking Skill.</em> . <em>The method used in this research is ADDIE</em><em>. The subject of this research is 25 teacher from kecamatan genteng, banyuwangi, and the validator is expert judgement with minimal education S2, a lecturer from early childhood department, State University of Surabaya. The data gathering tchniques is observation, intierview and quisioner, who give for 2 expert judgement and 25 teacher Tk, Genteng, Banyuwangi district. The result of this research from expert 1 is 96,7%, expert 2 is 95,8% which shows the data is worth and assessment from 25 teacher is 89,8% and declared valid. And the conclusion is&nbsp; this product proven worth and can be reference for teacher to create learning based High Order Thinking Skill. </em></p> <p><strong><em>Key word</em></strong><strong><em>:</em></strong> <em>RPPH,HOTS,teacher.</em>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Ahadiyah Muyassaroh Al-Balqis, Muhammad Reza ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42709 Sun, 05 Sep 2021 14:47:58 +0000