PAUD Teratai https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA en-US nurrakhmawati@unesa.ac.id (Nur ika sari Rakhmawati) sriwidayati@unesa.ac.id (Sri Widayati) Tue, 04 Jan 2022 05:18:52 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA JAWA NGOKO ALUS PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/43614 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kurangnya pengetahuan penggunaan Bahasa Jawa yang tidak sesuai dengan <em>unggah ungguh basa</em>, berdampak pada masa depan bahasa itu sendiri. Maka dari itu pentingnya pembelajaran <em>unggah ungguh basa</em> sedari kecil dengan melakukan pembiasaan. Penelitian ini mengembangkan buku cerita bergambar Bahasa Jawa <em>N</em><em>goko </em><em>A</em><em>lus</em> atau bahasa sehari-hari. Tujuan dari penelitian tersebut ialah mendeskripsikan adanya kelayakan buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Jawa <em>Ngoko</em> <em>Alus</em> pada anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (<em>Research and development</em>) dengan model penelitian <em>ADDIE</em>. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket yang dilakukan secara online melalui <em>google</em> <em>form</em>. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian kelayakan dari ahli media mendapat persentase sebanyak 88% dan ahli materi mendapat persentase sebanyak 86%, nilai persentase tersebut dalam kategori sangat layak. Adapun hasil data penelitian yang diperoleh dari uji coba kepada guru TK di kabupaten Mojokerto sebanyak 20 orang mendapatkan persentase 85,2%, nilai persentase tersebut dalam kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar Bahasa Jawa <em>Ngoko</em> <em>Alus </em>layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>buku cerita bergambar, Bahasa Jawa, <em>N</em><em>goko </em><em>A</em><em>lus</em></p> Nurulloh Lailatul Jannah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/43614 Tue, 04 Jan 2022 05:21:21 +0000 PERSEPSI KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING AUD DI MASA PANDEMI DI KECAMATAN SUKOMANUNGGAL SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/43615 <p>Adanya kewajiban belajar dari &nbsp;rumah&nbsp; yang berbasis online ini&nbsp; menimbulkan transformasi pada sistem pembelajaran di lembaga TK/PAUD. Sebagai faktor penentu bagi keberhasilan anak di dalam dunia pendidikan, pendidik &nbsp;wajib &nbsp;mempunyai banyak kemampuan diantaranya adalah kemampuan &nbsp;pedagogik. Tujuan dari riset ini yaitu&nbsp; untuk menguraikan permasalahan yaitu persepsi kemampuan pedagogik guru terhadap pembelajaran daring AUD selama pandemi. Sehingga dapat menunjang &nbsp;keefektifitasan serta sebagai pemecahan terbaik dalam pembelajaran jarak jauh dan proses belajar dapat berjalan dengan baik. Pendekatan dalam riset ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online yang menyertakan 42 guru TK di Surabaya barat khususnya di Kecamatan Sukomanunggal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala <em>likert</em><em>. </em>&nbsp;Berdasarkan pengolahan analisis data mengenai persepsi kemampuan pedagogik guru dalam pembelajaran daring AUD di masa pandemi diperoleh &nbsp;persentase rata-rata sebesar 78,72 %. &nbsp;Uji validitas yang diolah dalam <em>software</em> SPPS 22.0 menggunakan korelasi <em>pearson product moment</em> dengan dasar&nbsp; pengambilan keputusan yakni jika r hitung &gt; r tabel yaitu 0,2973 dengan signifikan 0,05%. Artinya item dapat dikatakan valid. Hasil uji reliabilitas Cronbach alpha menunjukkan angka 0,893 hal ini bisa dinyatakan reliabel karena nilai tersebut bisa lihat lebih besar dari nilai koefisien r yaitu 0,6.</p> Fitri Nur Aini ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/43615 Tue, 04 Jan 2022 16:41:34 +0000 PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF LAYANAN PENDIDIKAN ERA PANDEMI COVID-19 DI TK INSAN CENDEKIA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/44126 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan penyelenggaraan program PAUD Holistik Integratif (HI) layanan pendidikan di TK Insan Cendekia pada masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui teknikdokumentasi, observasi, dan wawancara. Lebih lanjut, data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa TK Insan Cendekia melaksanakan layanan pendidikan sebagai salah satu layanan PAUD HI dengan baik meski dalam pandemi COVID-19. Hal ini dapat diketahui melalui terpenuhinya komponen dan indicator keberhasilan PAUD HI meski beberapa komponen dan indicator kurang maksimal. Adapun hambatan yang ditemui adalah diberlakukannya pembelajaran terbatas dimana siswa dibagi secara bergiliran mengkiti kegiatan belajar mengajar secara daring dan luring. Faktor pendukung keberhasilan terlaksananya program holistik integratif di TK Insan Cendekia adalah kerjasama antara guru, orang tua, kepala sekolah, ketua yayasan sehingga kebutuhan esensial pada anak terpenuhi.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>pendidikan anak usia dini, holistik integratif, layanan pendidikan, COVID-19</p> Risalatul Amalia, Nurhenti Dorlina Simatupang ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/44126 Tue, 04 Jan 2022 16:51:49 +0000 PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42603 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk buku panduan permainan sains yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran kognitif pemecahan masalah pada anak usia 5 – 6 tahun. Kemampuan kognitif pemecahan masalah merupakan cara anak dengan menggunakan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang bermakna. Kurangnya variasi pembelajaran disekolah adalah salah satu kendala dalam pembelajaran sehingga perlu dilakukan pengembangan buku panduan permainan sain untuk memandu guru dalam kegiatan pembelajaran. Pentingnya permainan sains untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif pemecahan masalah. Pokok pikiran untuk mewujudkan pembelajaran sains yang menyenangkan bagi anak, dengan adanya manfaat dari pembelajaran sains, dan pemecahan masalah dalam permainan sains. Buku panduan permainan sains adalah bagian dari fasilitas yang disediakan oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran seperti adanya buku panduan permaianan sains. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ini terdiri dari lima langkah terstruktur yaitu : 1) Analisis, 2) Racangan, 3) Pengembangan, 4) Pelaksanaan, 5) Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 guru kelas kelompok B, ahli materi, dan ahli desain. Pengumpulan data penelitian ini adalah angket. Berdasarkan kedua analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan permaian sains yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan permainan sains untuk pembelajaran kognitif dalam pemecahan masalah anak kelompok B. Analisis hasil angket oleh 12 guru memperoleh (84, 59%), ahli materi (96, 67%), ahli desain (100%). sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan permainan sains sangat layak dan efektif digunakan untuk memecahkan masalah pada anak usia 5 – 6 tahun. Buku panduan permainan sains dapat menambah pengetahuan dan informasi guru dalam pembelajaran kognitif pemecahan masalah dengan melalui kegiatan permainan sains yang menyenangkan bagi anak, sehingga melatih dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: buku panduan, permainan sains, pemecahan masalah.</p> Sri Ika Widi Lili Mayasari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42603 Sun, 09 Jan 2022 14:47:05 +0000 PENGARUH SEAMLESS LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/44148 <p>Kemampuan tanggung jawab yang rendah pada anak usia 5-6 tahun merupakan studi pendahuluan dalam penelitian ini. Rendahnya kemampuan tanggung jawab anak ini dibuktikan dengan anak belum tau haknya seperti mengemukakan pendapat, anak belum mampu merapikan kembali barang yang telah digunakan pada tempat semula (mainan, alat tulis), menyelesaikan tugasnya (pekerjaan rumah, pekerjaan sekolah), dan menerapkan kata tolong, maaf, dan terimakasih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>seamless learning </em>terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuisioner online yang disebar menggunakan <em>google form </em>kepada orang tua anak usia 5-6 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 24 Surabaya. Pengambilan keputusan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan nilai signifikasi yaitu jika nilai signifikasi &lt; 0,05 maka Ho ditolak sedangkan jika nilai signifikasi &gt;0,05 maka Ho diterima. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh <em>seamless learning </em>terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5– 6 tahun.</p> <p>Kata kunci : <em>seamless learning</em>, perkembangan sosial-emosional, anak usia dini</p> mas ning nur fasichah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/44148 Fri, 25 Feb 2022 16:34:16 +0000 PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 KELOMPOK A DI TK KATOLIK SANTA THERESIA KALIJUDAN SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/45306 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh anak usia dini. Kemampuan mengenal lambang bilangan bisa ditingkatkan melalui media pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media kartu angka. Media kartu angka digunakan dalam kegiatan mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui adanya pengaruh media kartu angka pada kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif survai dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket melalui <em>google form. </em>Teknik analisis menggunakan kualitatif deskriptif. berdasarkan hasil perhitungan survey diperoleh data sebesar 66% dari 30 responden menyatakan media kartu angka layak digunakan sebagai media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa media kartu angka dapat menstimulasi kemampuan mengenal lambang&nbsp; bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kata Kunci : media kartu angka, lambang bilangan<em>, anak usia dini</em></p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p><em>The ability to recognize number symbols is one of the abilities that early childhood needs to have. The ability to recognize number symbols can be improved through learning media, one of which is by using number card media. Number card media is used in the activity of recognizing number symbols. This study aims to describe and see the influence of number card media on the ability to recognize number symbols in children aged 4-5 years. The type of research used is quantitative descriptive survey with a technique that accommodates data through distribution via google forms. The analysis technique uses descriptive qualitative. Based on the results of the calculation of the survey data, 66% of the 30 respondents indicated that the number card media is suitable for use as a medium used to improve the ability to recognize number symbols in children aged 4-5 years. Based on data processing, it can be denied that the number card media can stimulate the ability to recognize the symbols of numbers 1-10 in children aged 4-5 years.</em></p> <p><em>Keywords: number cards, number symbols, early childhood</em></p> Geri Fransiska ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/45306 Fri, 25 Feb 2022 16:50:36 +0000 PENGARUH MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK TADIKA PURI SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/45308 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Kemampuan bahasa adalah salah satu kemampuan yang penting dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Latar belakang penelitian ini adalah karena rendahnya kemampuan berbahasa anak pada sekolah tersebut. Maksud dari penelitian ini agar mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan buku bergambar terhadap kemampuan bahasa anak. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian <em>pre experiment design</em>&nbsp; dengan teknik rancangan <em>one-group pretest posttest design</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan <em>statistic non parametrics</em>, sedangkan uji jenjang menggunakan Wilcoxon&nbsp; dengan rumus thitung &lt; ttabel. Jika t<sub>hitung</sub> &lt; t<sub>tabel</sub> maka penelitian ini seignifikan. Hasil dari analisis uji <em>Wilcoxon</em> diperoleh thitung = 0 &lt; ttabel = 35. Jika nilai thitung &lt; ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0&lt;35, maka Ha deiterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK Tadika Puri Surabaya.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kata Kunci : media buku bergambar, kemampuan bahasa, anak usia dini.</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p><em>Language skills are one of the abilities developed in early childhood education. This research is motivated by the low language skills of children at the school. The purpose of this study was to see the effect of picture book media on children's language skills. This research used a quantitative approach with the type of pre-experimental research with a one-group pretest-posttest design. The data technique used non-parametric statistical level test using Wilcoxon with the formula t count &lt;t table. If tcount &lt;ttable, this research is significant. The results of the Wilcoxon test analysis obtained tcount = 0 &lt;ttable = 35. If the tcount &lt;ttable with a significant level of 5%, namely 0 &lt;35, then Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be denied that the picture book media has an effect on the language of group B children at TK Tadika Puri Surabaya.</em></p> <p><em>Keywords: picture book media, language skills, early childhood</em><em>.</em></p> Nindiya Restu Ningtyas ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/45308 Fri, 25 Feb 2022 17:15:27 +0000 Studi Kasus Pola Asuh Otoriter Dan Permisif Pada Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4 Tahun Di Tk Pancasila 1 Surabaya (Penelitian Pada Kelompok A Tk Pancasila 1 Surabaya) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42369 <p>Aspek sosial emosional merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan oleh anak usia dini. Aspek sosial emosional dapat dikembangkan melalui pembiasaan sehari-hari salah satunya yaitu pola asuh. Berdasarkan tujuan yang telah di buat, penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan perbedaan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif yang di terapkan dalam satu keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) wawancara, (2) dokumentasi dan (3) observasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan perbedaan pola asuh antara kedua orang tua dapat menyebabkan anak kebingungan dan lebih condong pada salah satu orang tua yang di anggapnya baik atau selalu menuruti apa yang ia mau. Pemilihan pola asuh juga harus dipikirkan secara tepat, karena dengan memilih pola asuh yang tepat dapat menstimulasi perkembangan anak untuk kehidupan di masa yang akan datang.</p> ANYTALIA PUTRI FARAHITA ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42369 Mon, 14 Mar 2022 08:52:59 +0000 Survei Faktor Yang Mempengarui Orang Tua Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak Rw 01 Kertajaya Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/45307 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih sekolah di TK rw 01 kertajaya surabaya. Penelitian dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah di kertajaya surabaya, Berdasar faktor-faktor ada beberapa orang tua yang hanya mempertimbangkan salah satu faktor sedangkan ada pula beberapa orang tua yang mempertimbangkan berbagai faktor.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu dari peserta didik di TK rw 01 kertajaya surabaya . Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability sampling teknik purposive sampling dan pengukuran jumlah sampel minimal menggunakan Gay dan Diehl dalam Kuncoro yang menyatakan bahwa penelitian deskriptif minimal menggunakan 10% dari jumlah populasi. Mempertimbangkan keabsahan hasil peneliti menggunakan sampel 15% dari jumlah populasi sehingga&nbsp; ditemukan sampel di TK rw 01 kertajaya surabaya sebanyak 72 ibu. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner online yang disebar menggunakan <em>google form</em>. Adapun teknik analisis data yang digunakan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan orang tua menggunakan kesepuluh faktor dalam proses pemilihan sekolah di TK rw 01 kertajaya surabaya. Dengan rincian masingmasing persentase orang tua yang menyatakan setuju pada faktor lokasi sekolah dan lingkungan 50%, faktor sarana fisik 63%, faktor visi dan misi sekolah 72%, faktor porsi pendidikan agama 57%, faktor profil pendidik 58%, faktor kurikulum pembelajaran 65%, faktor alternatif aktivitas 65%, faktor ketertiban dan kebersihan sekolah 61%, faktor ketrampilan skolastik 47%, dan faktor prestasi dan keberhasilan alumni 53%. Persentase faktor yang mempengaruhi orang tua memilih sekolah di TK rw 01 kertajaya surabaya Berbah disetujui oleh para orang tua dengan persentase 59,1%.</p> <p>Kata Kunci: orang tua, faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih sekolah</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This research aims to find out what are the large proportions of factors that influence parents in choosing schools in Kertajaya Kindergarten 01, Surabaya. The research is motivated by the number of schools in Kertajaya Surabaya, based on the factors there are some parents who consider one factor while there are also some parents who consider various factors. This research is a quantitative descriptive study using a survey method. The population in this study were all mothers of students in Kindergarten RW 01 Kertajaya Surabaya. The sampling technique used is Non Probability sampling, purposive sampling technique and measurement of the number of samples used Gay and Diehl in Kuncoro which states that descriptive research uses 10% of the total population. Considering the validity of the results, researchers used a sample of 15% of the total population so that 72 samples were found in Kindergarten rw 01 Kertajaya Surabaya. The research instrument used an online questionnaire that was distributed using a google form. The data analysis technique used is using quantitative statistics. The results showed that parents use ten factors in the process of selecting schools in Kindergarten RW 01 Kertajaya Surabaya. With the details of each presentation of parents who agree to agree on the school location and environment factor 50%, physical facilities factor 63%, school vision and mission factor 72%, religious education portion factor 57%, educator profile factor 58%, learning curriculum factor 65% , activity factor 65%, school order and cleanliness factor 61%, scholastic skill factor 47%, and alumni achievement factor 53%. The percentage of factors that influence parents who choose to attend kindergarten rw 01 kertajaya Surabaya Berbah is approved by the parents with the proportion of 59.1%.</em></p> <p><em>Keywords: parents, the factors that influence parents in&nbsp; choosing schools</em></p> Esti Muammalah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/45307 Fri, 25 Feb 2022 17:01:56 +0000