IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAPENATAAN SANGGULUP STYLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI

  • Vony F.S Hartini Hippj S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
  • Luthfiyah . Nurlaela S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
  • Supari . Muslim S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas, mampu mengembangkan ilmu pengatahuan dan menguasai teknologi melalui kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor yang secara otomatis membutuhkan peranan perangkat dan model pembelajaran. Salah satu jenis model pembelajaran yang dapat menjawab kebutuhan untuk sumber daya manusia yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah model pembelajaran berdasarkan masalah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian pengembangan dengan pola one group pretest and posttes design. Dalam penelitian pengembangan ini diperoleh hasil uji hipotesis statistik menggunakan uji tanda berupa nilai h hitung ≥ h tabel. Hasil ketuntasan belajar siswa pada masing-masing sekolah dengan model pembelajaran berdasarkan masalah diperoleh ketuntasan sebesar 79,98% pada SMK Negeri 1 Batu dan 76,69% pada SMK Negeri 6 Surabaya dengan nilai KKM sebesar 70%. Dari hasil ketuntasan yang diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan dari hasil implementasi pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah pada kompetensi sanggul up style mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model pembelajaran, Hasil Belajar

 

 

Abstract


Developments in science and technology requires qualified human resources, able to develop and master the science technology through learning activities that can improve student learning outcomes in the cognitive, affective and psychomotor domains which automatically takes the role of tools and learning models. One type of learning model that can meet the needs for human resources capable of developing science and technology is a learning model based on the problem. Research design used in this research is the development of research design pattern and post-test one group pretest design. In this study the development of statistical hypothesis test results obtained using a sign test grades count ≥ h h table. Mastery learning outcomes of students in each school with a learning model based on the problem gained mastery of 79.98% at SMK 1 Stone and 76.69% at SMK 6 Surabaya with KKM value by 70%. Completeness of the results obtained it can be concluded from the results of the implementation of the development of a learning device based on the competency issue bun up styles to improve student learning outcomes well.

Keywords: Learning tool, Problem based instruction, Mastery learning

Author Biographies

Vony F.S Hartini Hippj, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Luthfiyah . Nurlaela, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Supari . Muslim, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Published
2013-08-31
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 46