PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA PRAKTIK PERAWATAN MESIN PENGGERAK UTAMA KAPAL PADA SISWA KELAS XI TKPI SMK NEGERI 3 TARAKAN

  • Juniadi Juniadi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
  • Aisyah E. Palupi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
  • Euis Ismayati S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian kinerja praktik perawatan mesin penggerak utama kapal. Selama ini belum ada studi tentang kelayakan perangkat penilaian kinerja praktik yang digunakan di SMK Negeri 3 Tarakan, khususnya pada Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI).

Subjek penelitian ini adalah perangkat penilaian kinerja praktik yang dikembangkan dan diterapkan dalam menilai kinerja siswa pada praktik perawatan mesin penggerak utama kapal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat penilaian kinerja praktik dengan menggunakan model 4D disarankan oleh Sivasailam Thiagarajan yaitu define, design dan develop, sedangkan tahap kedua mengujicobakan perangkat penilaian kinerja praktik pada siswa kelas XI TKPI SMK Negeri 3 Tarakan. Rancangan implementasi dilakukan dengan menggunakan desain one shot case study. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan validasi, angket respon siswa, angket respon guru dan tes kinerja. Analisis data penelitian meliputi analisis data validasi , analisis respon siswa dan guru, dan analisis tes kinerja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian kinerja praktik yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam menilai kinerja praktik perawatan mesin penggerak utama kapal berdasarkan hasil validasi ahli yang didapat untuk kriteria isi sebesar 93,9%, kriteria konstruksi sebesar 87,9% dan kriteria bahasa 91,7%. Respon siswa secara umum berpendapat bahwa perangkat penilaian kinerja praktik yang dikembangkan sangat layak digunakan pada standar kompetensi melakukan perawatan mesin penggerak utama kapal (82,5%), respon guru secara umum berpendapat bahwa perangkat penilaian kinerja yang telah dikembangkan sangat layak untuk diterapkan pada standar kompetensi melakukan perawatan mesin penggerak utama kapal (81%), Hasil tes kinerja dengan menggunakan perangkat penilaian kinerja yang dikembangkan menunjukkan 100% siswa mendapat nilai diatas ketuntasan minimal, ini menunjukkan bahwa perangkat penilaian yang dikembangkan sangat mendukung dalam mencapai ketuntasan belajar praktik perawatan mesin penggerak utama kapal.

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Penilaian Kinerja, Perawatan Mesin Penggerak Utama Kapal.

Author Biographies

Juniadi Juniadi, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Aisyah E. Palupi, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Euis Ismayati, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Published
2013-08-31
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 74