PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SMK MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN STRATEGI BELAJAR MENGGARISBAWAHI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PENDIDIKAN KARAKTER

  • Eka Yudianto S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Nur S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dan strategi belajar menggarisbawahi untuk melatihkan keterampilan proses dan menanamkan nilai-nilai pendidikan berkarakter. Penelitian ini mengacu pada model of instructional development yang dikembangkan oleh Peter F Fenrich. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI TITL III SMK Negeri 5 Surabaya yang terdiri dari 27 orang siswa. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one-group pretest-posttest design.

Temuan hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran berkategori baik dengan nilai reliabilitas sebesar 92,22%, pendapat guru menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru mengajar dan siswa belajar dengan persentase 100%. Keterlaksanaan RPP berkategori baik, aktivitas siswa yang paling tinggi adalah pada aktivitas melakukan pengamatan, percobaan, atau bekerja sebesar 20,33%, respon siswa menunjukkan bahwa 87% siswa menyatakan senang dan 13% siswa menyatakan biasa-biasa saja. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif produk sebesar 87,78%, keterampilan proses sebesar 94,91%, dan psikomotor sebesar 100% tuntas, sedangkan hasil belajar perilaku berkarakter berkategori tinggi atau memuaskan.

Kata Kunci: model pembelajarn kooperatif STAD, strategi belajar menggarisbawahi, pendidikan karakter, keterampilan proses.

Abstract

Purpose of this research is developing lesson plan that use cooperative learning STAD and learning strategies underlining to teach process skills and implementing values of character education. This research based on model of instructional development cycle that developed by Peter F Fenrich. The research’s subject is student of XI TITL III SMK Negeri 5 Surabaya that consists of 27 students. Implementation design of this research used one-group pretest-posttest.

Results of this research are lesson plan categorized good and have reliability value 92,22%, the teacher’s response show that lesson plan make teachers easily to teach and the students to learn with percentage’s value 100%. Implementation of lesson plan in classroom categorize good, the highest value of student’s activities are doing observation, doing experiment, or working with percentage value 20,33% student’s response showed that 87% students said they feels happy and only 13% student said they feel not happy. The classical mastery of cognitive objectives is 87,78%, process skills objectives is 94,91%, and psychomotor objectives is 100%, on the other side values of character education categorized high or satisfactory.

Keywords: cooperative learning model STAD, learning strategies underlining, character education, process skills.

Author Biographies

Eka Yudianto, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Mohamad Nur, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Ismet Basuki, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Published
2013-08-31
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 76