PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MESIN BUBUT CNC TU-2A MERK EMCO AUSTRIA BERORIENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

  • Nur Aini Susanti S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Muchlas Samani S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kompetensi dasar mesin bubut CNC TU-2A mahasiswa masih rendah dan 81.82% dari 44 mahasiswa menyatakan bahwa materi mesin CNC sulit dikarenakan belum adanya perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan:1) mendeskripsikan aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran. 2) mendeskripsikan respon mahasiswa setelah pembelajaran. 3) mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa setelah pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model Thiagarajan, yakni model 4-D. Model ini terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap pendiseminasian (disseminate). Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest and Postest Design dengan subjek pada uji coba terbatas mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin sejumlah 78 mahasiswa. Subjek pada uji coba luas mahasiswa Prodi D3 Teknik Mesin Produksi angkatan 2010 Unesa sejumlah 24 mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas mahasiswa dalam kategori sangat baik, artinya mahasiswa sangat antusias dan tertarik dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan prosentase sebesar 81.80% dan rata-rata skor 4.08. 2) Respon mahasiswa sangat positif, artinya mahasiswa sangat tertarik pada perangkat pembelajaran mesin CNC dengan prosentase sebesar 95.83%. 3) Ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 76.33% dikatakan tuntas karena nilai mahasiswa diatas 61. Hasil instrumen Pre-test dan post-test memiliki validitas dikategorikan tinggi 0.60, nilai reliabilitas tinggi 0.83 dan sensitivitas 0.61 dikategorikan tinggi. Simpulan bahwa pengembangan perangkat mesin CNC efektif meningkatkan kompetensi dasar mahasiswa terbukti dengan meningkatnya proporsi jawaban dari 0.15 menjadi 0.81 mengalami peningkatan sebesar 66%.

Kata Kunci: pengembangan, mesin bubut CNC TU-2A, model pembelajaran langsung

Abstract

Basic competence student of CNC lathe TU-2A is low and 81.82% of 44 student said that CNC machine learning difficult because no materials learning. This study aims to: 1) describe the student activity during the learning process. 2) describe the students response after learning. 3) describe the student results learning. Development of materials learning refers to the model Thiagarajan, or 4-D models. The model consists of four stages of development, there are define, design, develop and disseminate. The study design used One Group Pretest and posttest. Subject on trial first was Prodi S1 Education of Mechanical Engineering class 2009 total 78 students. Subject on trial second was Prodi D3 Mechanical Engineering class 2010 Unesa total 24 students. Data were analyzed by descriptive qualitative. The results showed that: 1) student activities in the excellent category, meaning that students are very anthusiastic and interested in materials learning was developed with the percentage of 81.80% and an average score of 4.08. 2) student response was very positive, which means that students are very interested in learning the CNC machine with a percentage of 95.83%. 3) learning outcome students at 76.33% said students learning completed because the value above 61. Results instruments Pre-test and post-test has high validity categorized 0.60, 0.83 and high reliability values ​​are categorized high-sensitivity 0.61. The inference that the development of CNC machine materials learning effectively improve student basic competence as evidenced by the increasing proportion of answers from 12.15 to 0.81 an increase of 66%.
Keywords: development, CNC lathe TU-2A, direct learning model

Author Biographies

Nur Aini Susanti, S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Muchlas Samani, S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Mochamad Cholik, S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Published
2013-08-31
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 66