PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEKATRONIKA BERBASIS KOMPUTER POKOK BAHASAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN LANGSUNG

  • Wahyu Dwi Dwi Kurniawan S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
  • Muchlas Samani S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
  • Soeryanto Soeryanto S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa

Abstract

Abstrak

Salah satu pokok bahasan pada mata kuliah mekatronika yaitu programmable logic controller (PLC). Kondisi era modern seperti sekarang ini, penggunaan programmable logic controller (PLC) pada teknologi kontrol semakin meluas, mulai dari menggerakan motor pompa, motor konveyor, penggiling, sampai sistem alat yang bersifat masal. Materi PLC merupakan materi yang banyak dikeluhkan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-Unesa. Hal ini dikarenakan minimnya perangkat pembelajaran yang digunakan sehingga pembelajaran menjadi kurang kondusif dan menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran mekatronika berbasis komputer pokok bahasan programmable logic controller berorientasi pembelajaran langsung pada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT Unesa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap I, pengembangan perangkat pembelajaran mengacu rancangan 4D model dari Thiagarajan (1974); Tahap II, ujicoba pembelajaran di kelas menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Temuan penelitian: (1) skor rata-rata penilaian perangkat pembelajaran sebesar 3,32 (cukup baik); (2) skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada ujicoba I sebesar 3,59 (baik) dan ujicoba II sebesar 3,70 (baik); (3) hasil belajar mahasiswa aspek kognitif maupun psikomotorik telah mencapai ketuntasan secara individual maupun klasikal; (4) mahasiswa menunjukan respon positif tehadap pembelajaran dengan menyatakan tertarik, senang, dan termotivasi untuk mengikuti perkuliahan mekatronika; aktivitas mahasiswa yang paling dominan yaitu berdiskusi/praktek yang relevan dengan KBM yakni pada ujicoba I sebesar 36,46% dan pada ujicoba II sebesar 38,19%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam perkuliahan mekatronika. Implementasi perangkat pembelajaran mekatronika berbasis komputer pokok bahasan PLC dapat meningkatkan kualitas kualitas proses belajar mengajar, karena mahasiswa menunjukan respon positif, keterlaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dan hasil belajar mahasiswa aspek kognitif maupun psikomotorik telah mencapai ketuntasan secara individual maupun klasikal.

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, mekatronika, computer, plc.

Abstract

One subject in the mechatronics courses programmable logic controller (PLC). Conditions like today's modern era, the use of programmable logic controller (PLC) to control the expanding technologies, ranging from moving the pump motor, motor conveyors, grinders, until the system is a tool that is mass. PLC material is material that many complaints by students of Department of Mechanical Engineering FT-Unesa. This is due to the lack of learning devices are used so that learning becomes less favorable and become passive. This study aims to develop computer-based learning device mechatronics subject-oriented programmable logic controller directly on student learning Mechanical Engineering Department Unesa FT. This study was conducted in two phases. Phase I, the development of the learning refers to the design of the Model 4D Thiagarajan (1974), Phase II, trial learning in the classroom using a design of one group pretest-posttest design. The findings of the study: (1) an average score of 3.32 learning assessment tools (pretty good), (2) average scores on tests of learning implementation I of 3.59 (good) and trials II of 3.70 (both ), (3) student learning outcomes of cognitive and psychomotor aspects have achieved individually and classical mastery, (4) students showed a positive response to the stated learning tehadap interested, excited, and motivated to attend lectures mechatronics; activity of the most dominant college students are discussin /practices relevant to teaching and learning that is on trial I is 36.46% and trials II 38.19%. Based on the analysis of data, it can be concluded that the developed learning feasible for use in lectures mechatronics. Implementation of the computer-based learning mechatronics subjects PLC can improve the quality of teaching and learning, as students showed a positive response, implementation category learning and learning outcomes both cognitive and psychomotor aspects of students have achieved mastery individually and classical.

Keywords: development, learning, mechatronics, computer, plc

Author Biographies

Wahyu Dwi Dwi Kurniawan, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Muchlas Samani, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Soeryanto Soeryanto, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Unesa
Published
2013-08-31
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 24