Pengembangan perangkat pembelajaran memprogram mesin CNC dasar menggunakan CutViewer untuk siswa teknik pemesinan SMK

  • Mulyana Mulyana Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik Mochamad Cholik Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Ekohariadi http://unesa.ac.id

Abstract

Memprogram mesin CNC dasar merupakan salah satu standar kompetensi yang harus dimiliki siswa teknik pemesinan SMK.Pembelajaran dilaksanakan dengan berpedoman pada perangkat pembelajaran yang layak dan baik.Pengembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran, kelayakan penggunaan program CutViewer sebagai media, keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa.
Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D model, yaitu define, design,develop, dan disseminate. Perangkat yang dikem-bangkan divalidasi para pakar pendidikan dan diujicoba pada subjek ujicoba siswa teknik pemesinan SMKN 2 Tarakan. Desainuji coba pada penelitian ini menggunakan one grouppretest and posstest design.Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil analisis penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dapat deskripsikan bahwa: 1)perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran,lembar kegiatan siswa,dan lembar penilaian dinyatakan valid dan hasil uji coba ada pada kategori baik; 2) program CutViewer sebagai media pembelajaran dinyatakan valid; 3) rencana pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan rata-rata baik; 4) aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat aktif; 5) respon siswa terhadap pembelajaran kategori positif dan; 6) ketuntasan hasil belajar siswa tercapai baik individu maupun klasikal. Secara umum dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria dan dinyatakan layak untuk digunakan pada pembelajaranmemprogram mesin CNC dasar di teknik pemesinan SMK.
Kata-kata kunci: Pengembangan perangkat, memprogram mesin CNC,CutViewer, teknik pemesinan SMK.

Author Biographies

Mulyana Mulyana, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan
Mochamad Cholik Mochamad Cholik, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan
Ekohariadi Ekohariadi, http://unesa.ac.id
S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan
Published
2014-02-28
Abstract View: 3
Untitled Download: 7