PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA PERAWATAN KULIT WAJAH BERKASUS

  • Nia Kusstianti Universitas Negeri Surabaya
  • Luthfiyah Nurlaela Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Ekohariadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi pribadi-pribadi anggota masyarakat yang mandiri. Pribadi yang mandiri adalah pribadi yang secara mandiri mampu berpikir, menemukan dan menciptakan sesuatu yang baru, melihat permasalahan serta menemukan cara pemecahan baru yang bernalar dan lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Guru dianggap menjadi orang yang berperan penting dalam mewujudkan manusia yang mandiri. Oleh karena itu guru banyak mendapat sorotan bahkan kritikan tentang bagaimana caranya mengajar yang mungkin hanya terlalu menekankan pada penguasaan sejumlah informasi atau konsep saja. Informasi atau konsep yang diterima oleh siswa dapat saja kurang bermanfaat bahkan tidak bermanfaat sama sekali jika hal tersebut hanya dikomunikasikan oleh guru melalui satu arah. Informasi atau konsep merupakan suatu hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri, tetapi terletak pada bagaimana konsep itu dipahami oleh siswa. Pentingnya pemahaman konsep dalam proses belajar mengajar sangat mempengaruhi sikap, keputusan, dan cara-cara memecahkan masalah sehingga terjadi belajar yang bermakna.

Author Biographies

Nia Kusstianti, Universitas Negeri Surabaya
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Luthfiyah Nurlaela, Universitas Negeri Surabaya
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Ekohariadi Ekohariadi, Universitas Negeri Surabaya
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Published
2014-02-28
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 175