Evaluasi Kinerja Pelayanan Pada Simpang Empat Juanda Kabupaten Sidoarjo

  • anita susanti

Abstract

Bandara Juanda merupakan salah satu bandara terbesar kedua di Indonesia. Oleh sebab itu letak. simpang empat bersinyal yang merupakan pintu masuk ke arah Bandara Juanda dan lebih dikenal sebagai simpang empat Juanda perlu dilakukan evaluasi kinerja simpang terkait dengan keberadaannya yang semula tidak ada menjadi ada disebabkan karena dibukanya by pass Sedati dan by pass Juanda yang merupakan jalur alternatif menuju Bandara Juanda. Metode yang dilakukan dalam kajian ini adalah survai trafiic counting dan survai wawancara. Hasil penelitian menyebutkan bahwa 54% pendapat dari responden menyatakan bahwa keberadaan simpang empat bersinyal – by pass Juanda – by pass Sedati sangat membantu dan  64% pendapat responden menyatakan bahwa keberadaan tol tengah Waru – Juanda juga sangat baik dalam membantu kelancaran pergerakan lalulintas dalam menuju ke bandara.. Hasil dari survai traffic counting guna mengevaluasi tentang kinerja simpang  dibagi menjadi 3 (tiga) bagian waktu, yaitu pada pagi hari rata-rata nilai derajat kejenuhan sebesar 0.775 (LOS D), pada siang hari rata-rata nilai derajat kejenuhan sebesar 0.756 (LOS D) dan pada sore hari rata-rata nilai derajat kejenuhan sebesar 0.955   (LOS E) yang sebagian besar direncanakan masuk ke dalam tingkatan pelayanan jalan / LOS B.

Kata Kunci: simpang bersinyal, kinerja, survai,  LOS

Published
2014-09-13
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 59