ANALISIS KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMENT GRAND SUNGKONO LAGOON SURABAYA

  • GREAT FLORENTINO MIKNYO H

Abstract

Proyek pembangunan Apartemen Grand Sungkono Lagoon didirikan di kawasan Surabaya, terdiri dari 4 tower dengan fasilitas lengkap. Proyek ini juga dapat menimbulkan kecelakaan kerja. Jika dilihat dari laporan kecelakaan kerja antara bulan April 2015 – bulan April 2016, ada 13 kejadian kecelakaan kerja.

Ada pun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis kecelakaan kerja, mengidentifikasi penyebab kecelakaan kerja dan memberikan solusi untuk penanganan dan pencegahan kecelakaan kerja pada kegiatan proyek pembangunan Apartemen Grand Sungkono Lagoon di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan untuk lingkup penelitian adalah pekerjaan struktur pada proyek Apartemen Grand Sungkono Lagoon Surabaya.

Hasil penelitian diperoleh dari laporan kecelakaan kerja yang pernah terjadi di proyek pembangunan Apartemen Grand Sungkono Lagoon Surabaya. Data yang diperoleh selanjutnya akan diolah menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan disertai dengan studi literatur serta wawancara pada Safety Officer di lapangan. Kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah tergores, terjatuh dan tertusuk. Faktor penyebab kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah terbatasnya waktu pengawasan, pegawai K3 kurang, schedule tidak sesuai dan terbatasnya waktu pekerjaan. Solusi pencegahan dan penanganan yang disarankan adalah memberi penjelasan tentang tugas dan jabatan, mengadakan safety talk, safety meeting dan safety patrol, penambahan safety officer jika di perlukan, memberi pengobatan dan perawatan, memberikan alat pelindung diri (APD), melakukan inspeksi K3 dan identifikasi kecelakaan, melaksanakan analisis dan tindakan penanggulangan, pemasangan rambu K3 dan menyelidiki sebab kecelakaan kerja.

Kata kunci : FTA, K3 dan Proyek

The project Apartment Grand Sungkono Lagoon was established in Surabaya, it has 4 towers with complete facilities. This project can also cause accidents. If we’ve seen from report accidents between April 2015 - April 2016, there were 13 accidents.

The purpose of this study is to identify the types of accidents, identify the causes of accidents and provide solutions for handling and prevent accidents in the construction project Apartment Grand Sungkono Lagoon in Surabaya. This research is a qualitative type research. As the scope of the research is structure on project Apartment Grand Sungkono Lagoon Surabaya.

The results were obtained from reports of accidents that occurred in construction projects Apartment Grand Sungkono Lagoon Surabaya. The obtained data will be processed using Fault Tree Analysis (FTA) method which is accompanied by literature studies and interviews with Safety Officer in field. Accidents that often occur is scratched, fell and impaled. Factors that often causing accidents is limited time for monitoring, less K3 employee, unsuitable schedule and limited-time jobs. Solutions to prevent the accidents is explain the roles and positions of the worker, held a safety talk, safety meetings and safety patrols, increase the safety officer if needed, provide treatment and care, provide personal protective equipment (PPE), do K3 inspections and identification of accident, doing an analysis and countermeasures, setting-up K3 signs and investigate the causes of accidents.

Keywords: FTA, K3 and Projects

Published
2016-11-18
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 223