OPTIMALISASI DESAIN STRUKTUR JEMBATAN KUTAI KARTANEGARA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM CABLE STAYED

  • ANDI DZIKRIL CHAKIM

Abstract

Jembatan cable stayed merupakan salah satu tipe dari beberapa tipe jembatan yang digunakan dalam konstruksi jembatan bentang panjang. Jembatan tersebut memiliki karakteristik yang menguntungkan dari segi teknis, ekonomis, maupun estetika. Jembatan Kutai Kartanegara merupakan salah satu jembatan yang melintasi sungai Mahakam yang mengalami keruntuhan pada tahun 2011 dan dibangun kembali pada tahun 2013. Jembatan Kutai Kartanegara memiliki lebar total jembatan 9,6 m dengan panjang total jembatan 470 m.

Penenelitian ini membahas desain jembatan Kutai Kartanegara dengan menggunakan sistem cable stayed. Kemudian  memodelkannya menjadi sepuluh model jembatan dengan jarak kabel pada gelagar (a) yang berbeda-beda (10,385 m – 45,000 m) untuk memperoleh hasil yang optimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian simulasi dengan bantuan program SAP 2000 V.15.0.0 untuk memperoleh gaya dalam berupa momen, tegangan, dan lendutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari nilai capacity ratio (R), momen (M), teganan lentur (σ), gaya geser (V), dan lendutan (Δ), batasan yang diberikan tidak boleh melampaui 33,750 m. Optimalisasi jarak kabel pada gelagar (a) tercapai pada model jembatan IX dengan jarak kabel (a) 33,750 m.

Kata Kunci: Jembatan Cable stayed, jarak kabel, gaya dalam.

Abstract

Cable stayed bridge is one type of several types of bridges are primarily used in the construction of long-span bridge. The bridge has characteristics that are advantageous in terms of technical, economic, and aesthetic. Kukar Bridge is a bridge that crosses the river Mahakam collapse in 2011 and rebuilt in 2013. The Kukar bridge has a total width of bridge 9.6 m with a total length of bridge 470 m.

This study was to discuss the design of the Kukar bridge using cable stayed system. Then model it into ten models on the cable bridge girder (a) different spacing (10,385 m – 45,000 m) to obtain optimal results. This study is a simulation study with the help of SAP 2000 V.15.0.0 program to gain force in the moment, stress, and deflection.

The results showed that in view of the value of Capacity Ratio (R), moment (M), bending stess (σ), shear (V) and deflection (Δ) does not exceed the prescribed limits 33,750 m. Optimization of the girder cable distance (a) is reached on a bridge model IX with cable distance (a) 33.750 m.

Keywords: Cable stayed bridge, cable distance, in the force.

Published
2017-05-08
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 111