PENGGUNAAN LAWELE GRANULAR ASPHALT (LGA) PADA PEMBUATAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) PEN 60/70 DENGAN FLY ASH SEBAGAI FILLER

  • DIANA ATMININGTIAS

Abstract

Jalan merupakan akses utama bagi kendaraan darat, dan seiring peningkatan volume dan beban kendaraan menuntut mahasiswa untuk berinovasi terhadap bahan perkerasan jalan. Alternaif yang digunakan adalah dengan mengganti sebagian agregat degan Lawele Granular Asphalt (LGA) untuk menekan jumlah aspal pen 60/70 pada campuran AC-WC. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen terhadap lapis aspal beton hotmix Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) dan AC-WC dengan LGA untuk mengetahui karakteristik Marshall menggunakan alat Marshall Test. Benda uji yang digunakan pada AC-WC adalah agregat kasar, agregat halus, aspal pen 60/70 dan filler tanpa LGA. Dan pada benda uji yang lain digunakan LGA sebagai agregat kasar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai lapis permukaan dengan beban lalu lintas kelas berat, Kadar Aspal Optimum (KAO) pada AC-WC adalah sebesar 5,75% dan AC-WC dengan LGA sebesar 4,20%. AC-WC dengan LGA memiliki nilai stabilitas dan marshall quotient yang lebih baik. Pada AC-WC memiliki stabilitas sebesar 1243.6 kg dan marshall quotient 369.37kg/mm, sedangkan AC-WC dengan LGA memiliki stabilitas sebesar 1392 kg dan marshall quotient 409.38 kg/mm.

Kata Kunci: Lawele Granular Asphalt, Asphalt Concrete-Wearing Course, Karakteristik Marshall.

Abstract

Road is main access for vehicle, along with the increased of volume and vehicle load, this condition demand to innovate on road materials. Alternative that being used is replacement some of aggregate to Lawele Granular Asphalt (LGA) to decrease Asphalt Pen 60/70 on AC-WC mixture. Research methods that used is an experiment of hotmix Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) and AC-WC with LGA to find out Marshall Characteristic using marshall test. The specimens that used in AC-WC is course agregat, fine agregat, asphalt pen 60/70, dan filler without LGA. And another specimens using LGA as course aggregate.

The result shown that wearing course with heavy vehicle load, optimal asphalt level in AC-WC is 5,75% and AC-WC with LGA is 4,20%. AC-WC with LGA has better stability and marshall quotient. The value of stability and marshall quotient of AC-WC are 1243.6 kg and marshall quotient 369.37kg/mm, and stability and marshall quotient of AC-WC with LGA are 1243.6 kg and marshall quotient 369.37kg/mm.

Keyword: Lawele Granular Asphalt, Asphalt Concrete-Wearing Course, Marshall Characteristic.

Published
2018-02-01
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 75