ANALISA CAMPURAN AC-WC PEN 60/70 DENGAN AGREGAT RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT (RAP) DAN FILLER ABU BATU SEBAGAI CAMPURAN UNTUK PENAMBAHAN LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE)

  • ARSANDY BRIAN PERMANA
  • PURWO MAHARDI

Abstract

Pada akhir ini, banyak pekerjaan pengaspalan jalan baru maupun penambalan. Dari pekerjaan tersebut, menimbulkan limbah aspal yang tidak dimanfaatkan kembali. Sehingga dapat menimbulkan masalah baru yaitu timbulnya limbah aspal atau yang disebut RAP (Reclaimed Asphalt Pavement). Pada penelitian ini yang ditinjau adalah pengaruh RAP (Reclaimed Asphalt Pavement) sebagai pengganti agregat dengan menggunakan filler abu batu pada campuran aspal pertamina pen 60/70 sebagai dasar campuran penambahan limbah plastik LDPE (Low Density Polyethylene). Oleh sebab itu penggunaan RAP menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk mendapatkan kualitas lapis perkerasan yang baik dan memanfaatkan kembali limbah perkerasan lentur.

Benda uji yang disiapkan untuk campuran AC-WC+RAP dengan persentase aspal 4,5%; 5%; 5,5%; 6%; 6,5%; dari total berat material. Pencampuran agregat AC-WC+RAP dilakukan dengan metode kering, dicampur diatas penggorengan.

Dari hasil uji Marshall menunjukkan seluruh kadar aspal telah memenuhi spesifikasi umum Bina Marga 2018 divisi 6. Nilai stabilitas dan flow optimum ada pada variasi 3 dengan kadar aspal 6% yaitu 1287,18 Kg untuk stabilitas dan 3,5 mm untuk flow. Dimana variasi 3 mensubstitusi material asli agregat halus ke penggunaan material RAP yang sangat maksimal yaitu sebesar 46%.

Kata Kunci : Karakteristik Marshall, Laston AC-WC, Reclaimed Asphalt Pavement (RAP), Low Density Polyethylene (LDPE)

Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 247