PEMANFAATAN LIMBAH BETON SEBAGAI BAHAN CAMPURAN ASPAL PORUS

  • BERLIAN KURNIA WILUJENG
  • YOGIE RISDIANTO

Abstract

Di Indonesia, limbah beton yang digunakan sebagai subtitusi material pada konstruksi perkerasan jalan masih belum dikembangkan. Aspal porus merupakan campuran perkerasan yang memiliki porositas tinggi dibanding dengan jenis perkerasan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik marshall dan permeabilitas dari campuran limbah beton untuk perkerasan jalan aspal porus.

Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan standar gradasi Australian Asphalt Pavement Association (2004). Digunakan variasi kadar aspal campuran limbah beton adalah 4%, 4,5%, 5%, 5,5%, 6%, 6,5% dengan menggunakan aspal pen 60/70. Masing-masing dibuat 3 benda uji untuk dilakukan pengujian Marshall dan 2 benda uji untuk dilakukan pengujian Permeabilitas.

Hasil analisis dari penelitian menunjukkan kadar aspal optimum sebesar 5,75%. Dengan menggunakan limbah beton sebagai campuran aspal porus, memberikan pengaruh yang signifikan pada nilai Void In Mix, stabilitas, flow, dan juga permeabilitas.

Kata Kunci: Aspal Porus. Limbah Beton, Marshall, Permeabilitas

Published
2019-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 287
PDF Downloads: 206