ANALISA EKONOMI PERBANDINGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA ANTARA PERKERASAN LENTUR DENGAN PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN GEMPOL -PANDAAN SBY KM.+ 35.000 – KM.+ 42.000

  • MOCHAMAD AKBAR S P

Abstract

Jalan merupakan salah satu sarana transportasi yang dibutuhkan dalam proses perkembangan suatu daerah atau wilayah. Meningkatnya pertumbuhan lalu lintas kendaraan baik dari segi volume kendaraan maupun jumlah beban yang diangkut kendaraan akan menimbulkan kerusakan jalan. Jalan akan mengalami penurunan kondisi perkerasan berupa kerusakan selama umur rencana. Kondisi eksisting dari ruas jalan Gempol - Pandaan memiliki banyak kerusakan struktural sehingga diperlukan perbaikan rekonstruksi dengan merencanakan ulang perkerasan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui jenis perkerasan, desain perkerasan, dan rencana anggaran biaya yang diterapkan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Desain rencana untuk perkerasan lentur yaitu sirtu urug tebal 350 mm, aggregat kelas A tebal 150 mm, CTB tebal 150 mm, AC-BC tebal 280 mm, dan AC-WC tebal 50 mm. Desain rencana untuk perkerasan kaku yaitu sirtu urug tebal 350 mm, aggregat kelas A tebal 150 mm, LMC tebal 150 mm, dan pelat beton tebal 305 mm. (2) Biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan perkerasan lentur yaitu Rp. 79.889.929.211,40 dengan biaya per meter persegi yaitu Rp. 951.070,56. Biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan perkerasan kaku yaitu Rp. 59.816.586.663,64 dengan biaya per meter persegi yaitu Rp. 714.261,34.
Published
2019-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 628