TINJAUAN STUDI KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PELEBARAN JALAN KETAPANG SUMENEP-MADURA

  • RAHIL ITALITA ISLAM
  • MAS SURYANTO HS

Abstract

Abstrak

Pembangunan Pelebaran Jalan Ketapang-Sumenep dibangun untuk mengurangi tingkat lalu lintas yang melintas di Jalan tersebut. Peluncuran pada proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kemacetan dan meningkatkan volume kendaraan yang lalu-lintas, sehingga dapat memaksimalkan wisatawan yang akan datang ke daerah tersebut. Tujuan dari peneiltian ini adalah m encari perbedaan keadaan yang lalu lalu lintas sebelum dan prediksi kedepan dengan melakukan proyek pelebaran jalan tersebut , membahas kelayakan ekonomi pada proyek pelebaran jalan Ketapang-Sumenep , dan mencari peluang untuk meningkatkan kelayakan proyek pelebaran jalan Ketapang-Sumenep.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Pamekasan / Sumenep pada STA. 134 + 700- 143 + 550 Kota Sumenep yang termasuk dalam Jalan Nasional. Teknik menjawab data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara yang dilakukan menjawab pertanyaan langsung dengan perusahaan yang mengajukan permohonan tersebut dan metode dokumentasi yang terdiri dari data dokumen-dokumen yang telah ada di tempat penelitian pelebaran jalan Ketapang-Sumenep. Teknik Analilis Data pada penelitian ini menggunakan analisis derajat kejenuhan, analisis manfaat, analisis biaya, analisis BCR, dan analisis Sensitivitas.

Hasil dari pene l itian ini diperoleh dari Derajat Kejenuhan (DS) dari tahun 2033 pada kondisi yang mencapai 1,18, sedangkan pada kondisi perencanaan pada tahun 2033 nilai DS mencapai 0,6. N Ilai penghematan Biaya Operasional Kendaraan Penghasilan kena pajak adanya Pembangunan pelebaran jalan Ketapang-Sumenep PADA Tahun 2019-2033 sebesar Rp.44.850.266.565,42, Dan penghematan PADA Nilai Waktu sebesar Rp.59.973.836.506,16. Biaya yang diperlukan untuk proyek pelebaran jalan Ketapang-Sumenep sebesar Rp.59.444.419.000,00. Sedangkan biaya yang diperlukan untuk biaya perawatan rutin dan berkala sebesar Rp.15.072.449.041,83.Hasil dari analisis biaya BCR pada perhitungan ini diperoleh nilai 1,4. Dengan nilai BCR> 1 Besar manfaat yang timbul dari proyek ini lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Maka proyek tersebut layak untuk dilakukan. Nilai Sensitivitas kelayakan ekonomi pada proyek pembangunan pelebaran jalan Ketapang-Sumenep ini terhadap suku bunga sebesar 45%, sedangkan sensitivitas kelayakan terhadap volume lalu lintas sebesar 29%.

Kata kunci : Biaya operasional kendaraan (BOK), Nilai Waktu, Analisis Manfaat-Biaya (BCR)

Published
2020-01-09
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 366