ANALISIS PENYUSUNAN KELAS JALAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PUPR (NO. 05/PRT/M/2018) DAN PEMETAAN KELAS JALAN (MENGGUNAKAN SOFTWARE ARCGIS) PADA JALAN PROVINSI DI WILAYAH KABUPATEN MOJOKERTO

  • MUHAMMAD HABIL SARIMUN PUTRA
  • YOGIE RISDIANTO

Abstract

Daerah - daerah di Jawa Timur khususnya Kabupaten Mojokerto, seiring berkembangnya jaman mengalami peningkatan pada sisi pertumbuhan perekonomian serta infrastruktur jalan raya, dampak dari peningkatan tersebut yakni juga semakin meningkatnya volume lalu lintas serta muatan (tonase) kendaraan pada beberapa ruas jalan terlebih pada ruas jalan Provinsi di Kabupaten Mojokerto. Analisis Kelas Jalan merupakan analisis yang bertujuan untuk pengelompokan atau mengklasifikasi suatu ruas jalan dengan penentuan klasifikasinya berdasarkan fungsi dan intensitas lalu lintas serta daya dukung menerima muatan sumbu terberat dan dimensi kendaraan bermotor.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu, Tahap survey, Pengumpulan data (Data Primer dan Data Sekunder), Pengolahan data, Pembuatan peta kelas jalan menggunakan ArcGIS dan Integrasi peta kelas jalan kedalam peta digital existing (Google Maps). Lokasi yang digunakan untuk penelitian atau analisis penyusunan kelas jalan ini dilakukan pada tiga ruas Jalan Provinsi yang berada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Hasil dari analisis tersebut yakni, berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 05/PRT/M/2018 pada tiga ruas Jalan Provinsi tersebut direkomendasikan masuk pada kategori Kelas Jalan III. Ruas Jalan Provinsi tersebut sudah dilakukan proses untuk menjadikan peta kelas jalan sebagai peta digital, serta dapat diintegrasikan ke dalam Peta Digital Existing (Google Maps).

Published
2020-01-21
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 194