PEMANFAATAN PASIR SEDIMEN SUNGAI PORONG SEBAGAI BAHAN PENGISI PEMBUATAN GENTENG BETON DITINJAU DARI KEKUATAN LENTUR DAN RESAPAN AIR

  • ANDITYA ARIEF BUDIMAN

Abstract

Bahan material pasir sedimen masih belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat yang bermukim di dekat aliran sungai. Inovasi material yang tidak digunakan atau masih kurang untuk dimanfaatkan masih terlihat banyak sekali, contohnya pasir sedimen untuk bahan bangunan seperti spesi untuk bangunan rumah. Hasil endapan pasir sungai tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengisi penutup atap yaitu genteng beton dengan kualitas yang memenuhi persyaratan SNI 0096 : 2007 tentang genteng beton. Beberapa syarat mutu yang dapat dipenuhi yaitu kuat lentur dan penyerapan air.

Hubungan pengujian kuat lentur dan penyerapan air ditemukan hasil optimum dari kedua grafik pengujian tersebut yaitu antara prosentase 4% dan 5%, karena di prosentase tersebut kuat lentur dari 4% yaitu yang maksimum dari prosentase lainnya dan prosentase dari penyerapan air menurun di prosentase 4%, Prosentase yang masih dapat diterima dari hubungan kuat lentur dan penyerapan air yaitu dari kontrol, 3% dan 4%. Hal ini karena pasir sedimen memiliki karakteristik yang kecil daripada pasir lainnya untuk mengisi pori-pori genteng beton, sehingga kekuatan lentur meningkat dan penyerapan air yang sedikit.

Published
2020-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 100