Perencanaan Sistem Distribusi Air Bersih Di Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri

  • riza merita nevitawati universitas negeri surabaya

Abstract

Abstrak

Pesatnya pertumbuhan penduduk pada desa dan maraknya pembagunan di segala aspek akan mengakibatkan kebutuhan air semakin meningkat. Seperti kejadian pada Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri dengan luas wilayah 4,93 Km2 yang berada di bawah kaki gunung kelud dihuni oleh penduduk dengan jumlah jiwa 10.214 pada tahun 2018. Dimana seiring dengan berjalannya waktu pertumbuhan penduduk pun semakin meningkat sehingga jumlah kebutuhan air untuk warganya pun juga ikut meningkat.
Untuk itu kita menyusun penelitian dengan bertujuan untuk merencanakan kebtuhan air warga Desa Tawang untuk 10 tahun ke depan. Pada karya ilmiah ini ditujukan untuk mendapati perencanaan pada sistem distribusi air bersih di Desa Tawang, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri guna memenuhi kebutuhan air bersih untuk 10 tahun kedepannya nanti. Pada karya ilmiah ini menggunakan pendektan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, wawancara dan dokumentasi.
Pada karya ilmiah ini terdapat kuantitas penduduk Desa Tawang di tahun 2018 adalah 10.214 jiwa dengan kebutuhan air total sebesar 100.300 lt/dt, adapun diproyeksikan untuk kuantitas penduduk Desa Tawang pada tahun 2028 adalah 10.716 jiwa dengan proyeksi kebutuhan air sebesar 135.300 lt/dt. Setelah perhitungan perencanaan tersebut dapat diketahui untuk pipa yang digunakan yaitu jenis pipa PVC dengan dimensi Ø32mm, Ø89mm, Ø165mm, dan Ø216mm. Penelitian ini menggunakan menggunakan program Epanet 2.0 sebagai perencanaan sistem distribusi air bersih.

Kata kunci: sistem jaringan distribusi air bersih, epanet , pipa, desa Pandantoyo.

Published
2020-08-13
Section
Articles
Abstract View: 84
PDF Download: 0