Sebuah Pengaruh Waktu Pemeraman Stabilisasi Dengan Kapur Gamping Terhadap Nilai Kuat Tekan Bebas Pada Tanah Lempung Ekspansif Di Daerah Panempan Madura

Pengaruh Waktu Pemeraman Stabilisasi Dengan Kapur Gamping Terhadap Nilai Kuat Tekan Bebas Pada Tanah Lempung Ekspansif Di Daerah Panempan Madura

  • RAFIKATUL JANNAH ariktriarso@unesa.ac.id

Abstract

Pada desa Panempan RT02 RW02 dusun Cangkring kabupaten Pamekasan Madura mengalami berbagai permasalahan, antara lain  tembok bangunan retak, lantai rusak, pondasi amblas dan kerusakan jalan. Hal tersebut dibebabkan oleh tanah yang berda di desa Panempan merupakan tanah lempung ekspansif. Maka dari itu diperlukan adanya stabilisasi untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan pada sebuah bangunan.

Penelitian ini menggunakan pengaruh waktu pemeraman  stabilisasi dengan kapur gamping terhadap nilai kuat tekan bebas pada tanah lempung ekspansif. Stabilisasi tanah dengan metode pencampuran bahan tambah berupa kapur gamping dari bukit kapur yang terdapat di desa Batuputih kabupaten Sumenep, Madura. Stabilisasi dengan kapur gamping diharapkan dapat memperbaiki nilai Kuat Tekan Bebas ditinjau dari lama waktu pemeraman. Variasi penambahan kapur gamping yang digunakan dalam penelitian ini ialah 0%, 5%, 10% dengan lama pemeraman 1,2,3 hari.

Dari hasil penelitian menunjukkan pada penambahan kapur gamping 10% nilai batas cair menurun yaitu 48,58%, nilai batas plastis meningkat yaitu 32,67%, dan nilai Indeks plastisitas menurun yaitu 15,91%. Lama waktu pemeraman berpengaruh terhadap nilai Kuat Tekan Bebas, peningkatan nilai kuat tekan bebas terbesar terjadi pada variasi penambahan kapur gamping 10% dengan lama waktu pemeraman 3 hari yaitu sebesar 0,71 gr/cm2. Dapat disimpulakn bahwa pengaruh waktu pemeraman stabilisasi dengan kapur gamping  terhadap tanah lempung expansif di desa Panempan Pamekasan Madura terhadap nilai Kuat Tekan Bebas mempunyai batas optimal pada penambahan 10%.

Kata Kunci: Stabilisasi, Kapur Gamping, Kuat Tekan Bebas,Waktu Pemeraman

Published
2020-12-29
Section
Articles
Abstract View: 100
PDf Download: 9