HUBUNGAN KERUSAKAN JALAN TERHADAP BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA RUAS JALAN RAYA CANDI SIDOARJO

  • Annesa Rifqi Elfania UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Kerusakan jalan merupakan keadaan dimana fungsi jalan sudah tidak bisa memberikan pelayanan yang maksimal untuk kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan yang melewati jalan tersebut. Pemeliharaan yang rutin dan berkala perlu mempertahankan kenyamanan dan keamanan untuk pengguna jalan dan mempertahankan kekuatan jalan hingga umur rencana. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mencari jenis kerusakan jalan, tingkat kerusakan jalan dan besarnya nilai BOK yang dikeluarkan pada kendaraan yang melewati Ruas Jalan Raya Candi Sidoarjo. Untuk mencari nilai kerusakan jalan menggunakan metode  Pavement Condition Index (PCI) dan untuk mencari besarnya nilai Biaya Operasional Kendaraan menggunakan metode Pacific Consultant International (PCI). Metode analisa Pavement Condition Index (PCI) adalah metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi lapisan permukaan jalan yang nilainya ditentukan dari keadaan lapis permukaan yang diakibatkan kerusakan jalan. Metode Pacific Consultant International (PCI)  adalah metode yang dilakukan untuk mengetahui besarnya Biaya Operasional Kendaraan yang dikeluarkan per kilometer dan faktor apa saja yang memperngaruhi nilai Biaya Operasional Kendaraan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) jenis kerusakan jalan yang terjadi pada Ruas Jalan Raya Candi Sidoarjo adalah adalah retak buaya, retak pinggir, retak memanjang dan melintang, retak blok, retak refleksi sambungan, penurunan bekas tambalan, lubang. (2) Hasil analisis perhitungan BOK pada Ruas Jalan Raya Candi Sidoarjo untuk arah Malang-Surabaya yaitu nilai BOK  pada segmen 1 sebesar Rp. 5.855 Rp./kend.km, segmen 2 sebesar Rp. 5.741 Rp./kend.km, segmen 3 sebesar Rp. 5.371 Rp./kend.km, segmen 4 sebesar Rp. 5.609 Rp./kend.km, segmen 5 sebesar Rp. 5.764 Rp./kend.km. Hasil perhitungan BOK untuk arah Surabaya-Malang yaitu nilai BOK pada segmen 1 sebesar Rp. 5.251, segmen 2 sebesar Rp. 5.420, segmen 3 sebesar Rp. 5.424 Rp./kend.km, segmen 4 sebesar Rp. 5.290 Rp./kend.km, segmen 5 sebesar Rp. 5.333 Rp./kend.km. (3)  Hasil analisis regresi linear didapatkan persamaan Y= 6213,434 + 10,223 X, dari persamaat tersebut diketahui nilai koefisien determinasi R sebesar 0,848 dan R Square (R2) sebesar 0,718 yang artinya Nilai PCI (X) berpengaruh terhadap Nilai BOK (Y) karena rentang interval koefisien yaitu 0,60-0,799 ( kuat).

Kata Kunci: Biaya Operasional Kendaraan, Pavement Condition Index, Pacific Consultant International

Published
2021-09-27
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 129