the Evauasi Perkerasan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga 2017 dan PCI (Pavement Condition Index) (Studi kasus : Jalan Janti Tegalgondo, Kabupaten Klaten)

Bina Marga 2017 dan PCI

  • Wisda Jesika Panjaitan unesa

Abstract

Abstrak

Jalan raya bagi penduduk Indonesia memiliki peranan penting dalam sektor pertumbuhan penduduk. Dalam hal ini jalan raya sebagai sarana moda transportasi perlu adanya pengecekan dan pemeliharaan di karenakan intensitas kendaraan yang melewatinya semakin besar. Tingginya kendaraan yang melewati jalan mengakibatkan turunnya kualitas jalan , dalam hal tersebut perlunya pengawasan dan keseimbangan dengan aktifitas masyarakat agar jalan tidak mengalami penurunan kualitasnya. Jalan Tegalgondo – Janti merupakan jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Klaten dengan Kabupaten Boyolali dan banyak dilalui kendaraan dengan jumlah banyak.

                Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Tegalgondo – Janti STA 0+000 -2+000 ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan yang menggunakan metode Bina Marga 2017 dan Pavement Condition Index (PCI), dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudian, tiap segmen jalan dilakukan pengamatan (secara visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI. Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan Aligator Cracking, Pothole, Longitudinal Cracking, Patching, Weathering/Raveling, Edge Cracking, Depression, Rutting. Kerusakan ini hanya terjadi dalam beberapa segman saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu pengisian retak, laburan aspal setempat, dan penambalan. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan  daya dukung tanah dilakukan perencanaan tebal lapisan ulang sesuai dengan umur rencana yaitu 20 tahun. Hasil Tebal lapis tambah (Overlay) pada ruas Jalan Tegalgondo – Janti, Kabupaten Klaten Menurut Analisa Komponen adalah 4 cm dan untuk metode Bina Marga 2017 adalah 3 cm. Tingkat kerusakan berdasarkan nilai rata-rata PCI.untuk Perbaikan jalan dilakukan berdasarkan metode perbaikan & perawatan standar yaitu : Galian Perkerasan Beraspal, digunakan untuk menangani  jenis kerusakan Lubang (Pothole) dan Amblas (Depression), Metode Perbaikan P5 (Penambalan Lubang), untuk jenis kerusakan Lubang (Patholes) dan Amblas (Depressions), Metode Perbaikan P4 (Pengisian Retak) / Filler, untuk jenis kerusakan Retak Memanjang (Longitudinal Cracking ), Metode Perbaikan P2 (Laburan Aspal Pasir) untuk jenis kerusakan Retak Pinggir (Edge Cracking) Pengelupasan Butiran (Weathering/Raveling), Retak Retak Buaya (Alligator Cracking), Alur (Rutting), Tambalan (Patching)

 

Kata kunci : Bina Marga 2017, Pavement Condition Index (PCI), LASTON

Published
2022-08-23
Section
Articles
Abstract View: 38
pdf Download: 25