ANALISIS KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS AUS (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN KALSIUM KARBONAT SEBAGAI FILLER

  • Dwi Ratna Esti Lestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kualitas perkerasan jalan perlu diperhatikan dengan baik karena berfungsi untuk menudukung dan menyebarkan beban lalu lintas yang seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat. Peningkatan kualitas perkerasan jalan salah satunya dapat dilakukan dengan subtitusi bahan pengisi (filler).

Bahan pengisi (filler) adalah komponen berpersentase terkecil, namun memiliki fungsi yang krusial dalam modifikasi gradasi agregat sehingga kepadatan campuran bisa meningkat. Pemilihan bahan pengisi (filler) dalam konstruksi perkerasan jalan harus mempertimbangkan efisiensi biaya tanpa menyalahi spesifikasi umum Bina Marga tahun 2018 (Revisi 2). Biaya operasional dapat diminimalisasi salah satunya dengan cara menggunakan kalsium karbonat (CaCO3) sebagai subtitusi dari semen Portland. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kalsium karbonat (CaCO3) yang diharapkan dapat terjadi peningkatan ketahanan campuran aspal beton.

Adapun tahapan penelitian ini diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan sifat-sifat fisis material yang digunakan, perencanaan campuran aspal beton, lalu pembuatan benda uji dengan variasi kadar aspal yaitu 4,6%; 5,1%; 5,6%; 6,1%; dan 6,6% untuk selanjutnya didapatkan kadar aspal optimum (KAO), kemudian pembuatan benda uji variasi bahan pengisi (filler) yaitu  0%; 0,4%; 0,8%; 1,2%; 1,6%; dan 2,0% dengan menggunakan aspal penetrasi 60//70 pada campuran AC-WC. Dari hasil penelitian didapatkan nilai KAO pada kadar aspal 5,1% dan variasi bahan pengisi (filler) terbaik pada komposisi 1,2%. Campuran terbaik dengan karakteristik yaitu nilai stabilitas 1512,5 kg; kelelehan 3,6; durabilitas 90,09%; VIM 4,68; VAM 12,02; VFA 61,08%, dan MQ 416,3 kg memenuhi parameter Marshall kecuali rongga agregat (VMA) dan rongga terisi aspal (VFA), sesuai dengan spesifikasi umum Bina Marga tahun 2018 (Revisi 2).

Kata Kunci: AC-WC, filler, kalsium karbonat, parameter Marshall, spesifikasi umum Bina Marga.

Published
2022-10-06
Section
Articles
Abstract Views: 189
PDF Downloads: 116