PERENCANAAN ULANG STRUKTUR PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN BARANUSA-KABIR STA 9+300 SAMPAI 17+900 PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

  • Vivi Cahyaningsih Tamolung Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Indonesia merupakan sebuah negeri dengan jutaan pulau, salah satunya yakni pulau Pantar yang terletak di daerah Kabupaten Alor. Pulau ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata, karena masih perawan dan memiliki banyak objek wisata yang belum banyak dikenal oleh masyarakat local maupun mancanegara. Jalan yakni akses prasarana berupa transportasi yang terdiri dari seluruh bagian jalan, termasuk bangunan terkait dan fasilitas ditujukkan pada pengembangan lalu  lintas. Ruas Jalan Baranusa-Kabir menjadi salah satu jalan strategis nasional yang terletak di Pulau Pantar, Kabupaten Alor, NTT. Kondisi jalan tersebut pada awalnya adalah jalan dengan kondisi tanah asli dan memerlukan adanya pembangunan jalan yang memadai dengan hasil perhitungan berupa perkerasan lentur (flexible pavement). Sehingga hal ini berpengaruh pada jumlah LHR yang sangat rendah.

Perkerasan lentur atau pengaspalan  (flexible pavement) sering digunakan untuk jalan dengan lalu lintas ringan hingga sedang. Kajian ini menggunakan Metodologi Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 dan suplemen MDP 2017 pada tahun 2020 sebagai pembaharuan serta menggunakan MKJI untuk menentukan volume lalulintas yang digunakan pada ketebalan desain. Informasi yang digunakan dalam perancangan jalan meliputi informasi primer dan informasi sekunder.

Diperoleh hasil perhitungan yaitu lapis permukaan menggunakan Lapis fondasi aspal dengan lapis fondasi berbutir yaitu AC - WA 40 mm, AC - BC 60 mm, AC - Base 105 dan LFA 300 mm dalam MDP Bina Marga 2017.

 

Kata kunci : Perkerasan lentur, MDP 2017, MKJI

 

ABSTRACT

 

Indonesia is a country with millions of islands, one of which is pantar island in the district of alor. The island has the potential to be developed into a tourist destination, since it is still a virgin and has many other attractions that local people and many other countries do not yet know. The road-access infrastructure of transportation consists entirely of road parts, including related buildings and facilities to show traffic development. The railway of baranusa-kabir is one of the strategic national roads located on pantar island, alor district, NTT. The condition of the road was originally native land and required adequate building of the road with the calculation of a flexible application. So it had a very low impact on the LHR Numbers.

Limber or acidifying purposes are often used for lightweight to moderate traffic. The study uses 2017 industrial design methodology (MDP) and 2017 MDP supplement in 2020 asa renewal and using mkji to determine the volume of traffic used in design thickness. Information used in road design includes primary information and secondary information.

Based on the calculations of the surface using a subsurface layer of asphalt with a fly-based bottom that is ac - wc 40 mm, ac - bc 60 mm, ac - base 95 and top tier 300 mm in the MDP build of 2017.

 

Keywords : Flexible Pavement, MDP 2017, MKJI

Published
2023-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 135