Pengaruh Volume Kendaran Berat Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Driyorejo Kabupaten Gresik (Studi Kasus Depan PT. Miwon Indonesia))

  • Dio Eko Putro Raharjo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Ruas Jalan Raya Driyorejo merupakan jalan utama untuk distribusi dengan menggunakan kendaraan berat, karena banyak didapati pabrik-pabrik besar di sepanjang ruas Jalan Raya Driyorejo. Ruas Jalan Raya Driyorejo merupakan jalan utama yang menghubungkan kota-kota. Hambatan samping (HS) sangat mempengaruhi tingkat pelayanan disebuah ruas jalan, pada saat jam-jam tertentu sering terjadi adanya kepadatan bahkan kemacetan, disamping itu ada faktor lain yaitu volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan dan pusat kegiatan distribusi dari beberapa pabrik-pabrik besar tentu membutuhkan porsi jalan yang lebih besar, karena faktor tersebut mempengaruhi kelancaran arus lalu linta dan kinerja jalan di sepanjang ruas Jalan Raya Driyorejo.

Berdasarkan inti dari permasalahan diatas, penelitian ini dapat dibilang cukup penting untuk dilakukan guna agar kita mengetahui apa pengaruh kendaraan berat yang melintas terhadap kinerja lalu-lintas di ruas Jalan Raya Driyorejo berdasarkan kriteria volume kendaraan, kecepatan kendaraan, geometrik jalan dan hambatan samping. Setelah melakukan pengambilan data dengan cara counting, lalu data yang didapatkan dari hasil survei atau counting secara langsung dilokasi penelitian kemudian diolah agar menjadi data yang valid dan mudah untuk disajikan, dengan berpedoman berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014.

Didapatkan hasil dari perhitungan diketahui volume lalu-lintas tertinggi sebesar 2513 skr/jam, volume hambatan samping tertinggi 4002 kejadian/jam, nilai kapasitas (CO) sebesar 2295,93 skr/jam, dan derajat kejenuhan (DJ) sebesar 1,095. Nilai DJ yang didapat menentukan tingkat pelayanan (LOS) ruas Jalan Raya Driyorejo yaitu kriteria jalan F.

 

Kata Kunci: Derajat Kejenuhan (DS), Kapasitas (C), Jalan Raya Driyorejo, Tingkat Pelayanan (LOS), Volume, Kendaraan Berat

Published
2023-04-14
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 76