Analisis Pengaruh Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) dan International Roughness Index (IRI) Terhadap Road Condition Index (RCI) Serta Umur Rencana Flexible Pavement

  • Nabila Nur Diana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat keawetan perkerasan jalan dengan menggunakan LHR dan IRI sebagai parameter, serta menentukan nilai RCI berdasarkan parameter IRI. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi keterkaitan antara LHR dan IRI dengan RCI dan umur layan perkerasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui survei langsung di lapangan dan lembaga terkait.

Hasil penelitian pada ruas jalan Bts. Kab. Jombang – Gemekan menunjukkan bahwa, sisa umur perkerasan berdasarkan LHR ditahun pertama memiliki sisa umur perkerasan 93% atau 9,3 tahun, sedangkan umur perkerasan akan habis ditahun 2032 dengan sisa sebesar 0 tahun. Indeks kondisi jalan (RCI) berdasarkan IRI, memiliki nilai sebesar 7,21 dengan kategori kondisi permukaan “sangat baik, umumnya rata” serta sisa umur perkerasan sebesar 0,11 tahun berdasarkan nilai IRI. Adapun hubungan dari variabel LHR dan IRI terhadap RCI dan Umur sisa perkerasan diwujudkan dengan grafik dalam formulasi matematis. Hubungan antara LHR dan sisa umur perkerasan (RL) dirumuskan dalam formula matematis yaitu y = -6E – 07x + 100, sedangkan hubungan pada IRI dan RCI adalah y = 10,764, serta hubungan IRI dan sisa umur perkerasan (RSL) diwujudkan dalam formula matematis y = 23,901.

Kata Kunci : LHR, IRI, RCI, Sisa Umur Perkerasan

 

Published
2023-10-26
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 0