Perbandingan Perhitungan Teori 1D Terzaghi dan Asaoka dengan Hasil Konsolidasi dari Settlement Plate Pada Proyek Jalan Tol Semarang – Demak Paket 2 STA 18+029,44 S.D. STA 18+ 729,44 Menggunakan Metode Preloading dan PreFabricated Vertical Drain

  • Anggy Pranoto Universitas Negri Surabaya
  • Nur Andajani

Abstract

Salah satu dari empat belas bagian jalan tol Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikembangkan adalah proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak. Tujuannya adalah untuk menanggapi peningkatan volume kendaraan, khususnya di wilayah jalan nasional pantura. Proyek ini melibatkan pembangunan jalan tol sepanjang 27 kilometer. Dalam upaya perbaikan tanah untuk proyek ini, metode yang digunakan mencakup Pre-fabricated Vertical Drain (PVD) dan Pre-fabricated Horizontal Drain (PHD) dengan pola pemasangan segitiga yang dikombinasikan dengan Preloading.

Perbedaan penurunan terlihat antara penurunan rencana dengan penurunan aktual yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan besar penurunan tanah dengan menggunakan metode Terzaghi 1D dan metode prediksi akhir Asaoka sehingga dapat digunkan dalam perencanaan penurunan tanah yang lebih akurat.

Besar penurunan Aktual pada settlement plate 33 sebesar 2,496 m, kemudian hasil dari penelitian ini didapatkan penurunan metode analisis empiris 1D terzaghi sebesar 2,634 m, dengan waktu konsolidasi pada saat drajat konsolidasi 90% selama 69 hari, sedangkan besar penurunan metode Asaoka yang terjadi sebesar 2,775 m dengan waktu konsolidasi pada drajat konsolidasi 90% selama 162 hari. Berdasarkan hasil tersebut, jika dibandingkan dengan penurunan tanah aktual yang terjadi di lapangan, maka besar perhitungan metode Terzaghi 1D lebih kecil dibandingkan prediksi akhir metode Asaoka.

Kata kunci: Konsolidasi, Pre-fabricated Vertical Drain, Pre-fabricated Horizontal Drain, settlement plate

Published
2024-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 0