PENGARUH BERBAGAI JENIS SCREW TERHADAP KUAT TARIK DAN KUAT GESER SAMBUNGAN BAJA RINGAN

  • LUTFI VERDY F

Abstract

Jumlah screw pada setiap sambungan ditentukan oleh hasil desain berdasarkan perhitungan kapasitas beban yang mampu diterima oleh setiap screw (Agustinus, 2011). Kebutuhan screw pada rangka atap baja ringan untuk setiap joint minimal dua buah, namun pada kenyataan di lapangan, setiap joint dipasang screw sebanyak tiga buah, dengan maksud apabila terjadi kegagalan pada satu screw maka kegagalan tersebut dapat dibebankan kepada screw yang lain. Screw yang beredar di lapangan memiliki kekuatan yang berbeda-beda disetiap jenisnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mencari dan mengetahui kuat tarik dan kuat geser maksimal serta nilai kegagalan berbagai jenis screw pada sambungan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode uji laboratorium. Jenis screw yang digunakan sebagai benda uji pada penelitian ini adalah 10-16.CII, 10-16.Pj, 10-16.JW, 12-20.CII, 12-20.Pj dan 12-20.JW. Model perletakan screw yang digunakan sama dengan kondisi lapangan yakni zig-zag. Pengujian sambungan dilaksanakan di laboratorium dengan memberikan beban tarik pada setiap benda uji. Hasil penelitian dengan tegangan tarik putus profil (fu) sebesar 495 MPa, didapatkan rata-rata nilai kuat tarik (Nt) dan kuat geser (Vn) sambungan sebesar 18,17 KN pada jenis 10-16 dan 19,03 KN pada jenis 12-20 dengan nilai kegagalan tarik sambungan rata-rata sebesar 28,04 % pada jenis 10-16 dan 21,12 % pada jenis 12-20. Kekuatan geser per-screw yang didapat adalah 6,29 KN pada 10-16.JW, 5,96 KN pada 10-16.CII, 5,92 KN pada 10-16.Pj, 6,49 KN pada 12-20.JW, 6,32 KN pada 12-20.Pj dan 6,22 KN pada 12-20.CII dengan nilai kegagalan screw rata-rata sebesar 10,3 % pada jenis 10-16 dan 28,57 % pada jenis 12-20, sehingga perlu diambil faktor reduksi (ϕ) sebesar 0,8 pada jenis 10-16 dan 0,65 pada jenis 12-20 sebagai toleransi keamanan kekuatan per-screw dalam merencanakan kebutuhan screw setiap joint pada rangka atap baja ringan.

Kata kunci: screw, kuat tarik, kuat geser, nilai kegagalan

Amount of screw on each connection is determined by the results of the design is based on the calculation of the load capacity can be accepted by each screw (Agustinus, 2011). Needs screw on lightweight steel roof truss for each joint of at least two pieces, but the reality on the field, each joint screw mounted three pieces, with the purpose, if there is a failure on one screw then the failure can be charged to the other screw. Screw that circulated on the field have the different strengths in each type. Therefore, the purpose of this research is to seek and know the tensile strength and shear strength as well as the maximum value of the failure of the various types of screw on connection. This study was conducted with laboratory test methods. Type of screw used as a specimen in this study is a 10-16.CII, 10-16.Pj, 10-16.JW, 12-20.CII, 12-and 12-20.JW 20.Pj. The model used the same screw placement with the field conditions ie zig-zag. Testing was conducted in the laboratory with provide a tensile load on each specimen. The results of the study with the tensile stress of the profiles (fu) is 495 MPa , obtained an average tensile strength values (Nt) and shear strength (Vn) of 18.17 KN on the type 10-16 and 19.03 KN on the type 12-20 with the value of a tension connection failure on average by 28.04 % on the type 10-16 and 21.12 % on the type 12-20. Shear strength per-screw obtained was 6,29 KN on the 10-16.JW, 5,96 KN on the 10-16.CII, 5,92 KN on the 10-16.Pj, 6,49 KN on the 12-20.JW, 6,32 KN on the 12-20.Pj and 6,22 KN on the 12-20.CII with the value of screw failure on average by 10,3 % on the type 10-16 and 28,57 % on the type 12-20, so it needs to be taken reduction factor (ϕ) of 0,8 on the type 10-16 and 0,65 on the type 12-20 as a kind of security force tolerance per-screw on the design for the needs of each joint screw on lightweight steel roof truss.

Keywords: screw, tensile strength, shear strength, the value of failure

Published
2014-07-04
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 145