INTRUSI AIR LAUT TERHADAP KUALITAS AIR TANAH DANGKAL DI KOTA SURABAYA

  • RENDI NOVI INDRIASTONI

Abstract

Perkembangan  kota  Surabaya  di  bidang  industri,  perusahaan,  maupun perdagangan berakibat meningkatnya kebutuhan air yang  hingga saat ini masih mengandalkan adanya air tanah. Kebutuhan air tanah yang terus meningkat, juga mendesak masyarakat untuk terus mengusahakan ketersediannya namun belum menjamin kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air tanah dangkal yang berjarak 4 Km dan 6 Km dari pantai Kota Surabaya akibat intrusi air laut.

Pengambilan sampel air tanah sebanyak 1500 ml dan dilakukan pengujian kualitas air di Laboraturium Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kandungan kimia dalam air yang diteliti diantaranya Daya Hantar Listrik (DHL), Derajat Keasaman (pH), Klorida (Cl), Sulfat (SO4), Kesadahan Total (CaCO3).

Berdasarkan hasil pengujian air tanah dangkal menunjukkan intrusi air laut belum masuk kedaratan sejauh 4 Km dan 6 Km, namun perlu diwaspadai juga karena semua lokasi air tanah dangkal memiliki kandungan Daya Hantar Listrik mendekati batas maksimal yang ditentukan. Tingginya nilai kadar kandungan semua parameter juga membuat kualitas air tanah dangkal di semua lokasi dapat dikatakan buruk..

Kata Kunci          : Intrusi Air Laut, Kualitas Air.

Published
2014-08-27
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 951