PERENCANAAN DESIGN PONDASI DAN PILECAP RUMAH POMPA ROMOKALISARI SURABAYA

  • Djoni Irianto
  • Abdul Halim

Abstract

Proyek pembangunan rumah pompa Romokalisari Surabaya direncanakan dibangun diatas luas lahan 2 Ha dan luas bangunan 250 m2. Proyek pembangunan rumah pompa Romokalisari Surabaya ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Rumah Pompa, Rumah Genset, Rumah jaga, dan Rumah Mekanikal Elektrikal. Perencanaan dalam hal ini mencakup gambar desain dan perhitungan pondasi dan pilecap pada rumah pompa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keseluruhan perencanaan pondasi dan pilecap pada rumah pompa. Perencanaan pondasi dan pilecap ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu cek data tanah, studi literatur, survey lokasi, perhitungan dan penggambaran hasil perhitungan. Metode perencanaan ini mengacu pada SNI 03-1726-2003, SNI 03-2847-2002, dan PPIUG 1983.

Hasil penelitian yang didapatkan dari perencanaan pondasi dan pilecap adalah hasil perhitungan, metode yang dipakai dan out gambar dari hasil perhitungan sesuai dengan pedoman.

Kata Kunci : Pondasi, dan Pile Cap

Romokalisari pump housing project planned Surabaya built on land 2 Ha and building area 250 m2. Romokalisari pump housing project in Surabaya is divided into several parts: Pump house, generator house, guard house, and Home Mechanical Electrical. Planning in this regard include design drawings and calculations Pilecap the foundation and pump house.

This study aims to determine the overall planning of the foundation and Pilecap the pump house. Planning and Pilecap foundation is comprised of several stages of data checks soil, literature studies, site surveys, calculation and depiction of the calculation results. This refers to a method of planning SNI 03-1726-2003, SNI 03-2847-2002, and PPIUG 1983.

The results of the study were obtained from the planning foundation and Pilecap are the results of calculations, the methods used and out the pictures from the calculation.

Keyword : Foundation, and Pilecap

Published
2014-10-23
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 331