KARYA SENI RUPA ANAK TUNANETRA (STUDI KASUS PADA ANAK TUNANETRA SLB RAHARJA SEJAHTERA KANDANGAN, KEDIRI)
Abstract
Abstrak Tunanetra, istilah untuk individu yang mengalami gangguan penglihatan atau tidak bisa melihat. Tunanetra dengan kekurangannya dalam penglihatan masih sering dipandang sebagai individu yang tidak bisa mandiri, terlebih dalam seni rupa yang mengutamakan penglihatan dalam proses pembuatan atau menikmati karya. Pada faktanya individu tunanetra merupakan individu yang mandiri, mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari sama seperti individu lainnya, mengandalkan imajinasi dari sudut pandang mereka untuk melihat sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil karya dari anak tunanetra, serta antusias anak tunanetra selama berkarya seni rupa. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti memiliki subjek penelitian berjumlah 3 anak tunanetra dari SLB Raharja Sejahtera Kandangan, Kediri. Tiga Anak dengan kelompok tunanetra tertentu melakukan kegiatan seni rupa dengan 3 media karya berbeda dan menghasilkan 3 karya luar biasa, serta mengisi angket untuk mengetahui tingkat antusias selama berkarya. Penelitian ini menujukkan bahwa kegiatan seni rupa dapat dilakukan siapapun termasuk individu tunanetra yang memiliki kekurangan dalam penglihatan, meskipun umumnya penglihatan menjadi unsur utama dalam seni rupa. Menyediakan media seni rupa yang nyaman untuk anak tunanetra juga berpengaruh pada antusias/motivasi berkarya, karena dengan mendapatkan kenyamanan dan ketertarikan selama berkarya akan berpengaruh pada kebebasan dalam berkarya. Kata kunci: tunanetra, imajinasi, seni rupa, dan antusias.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-15
How to Cite
Maulidina, R., & Zaini, I. (2021). KARYA SENI RUPA ANAK TUNANETRA (STUDI KASUS PADA ANAK TUNANETRA SLB RAHARJA SEJAHTERA KANDANGAN, KEDIRI). SAKALA JURNAL SENI RUPA MURNI, 2(2), 1–16. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sakala/article/view/43778
Issue
Section
Articles

