Strategi Program Artistik dalam Tata Kelola Unicorn Creative Space

  • Silda Hayah Sabilla Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Banyaknya ruang seni yang mulai tumbang dalam mempertahankan eksistensinya diiringi dengan meningkatnya trend dan gaya hidup pada generasi Gen-Z serta populernya digital platform memicu lahirnya art space. Strategi tata kelola penting dikaji karena meningkatnya kebutuhan terhadap art space yang sepadan bagi para seniman maupun komunitas dalam menjalankan aktivitas kreatifnya. Landasan teoretik penelitian ini meliputi teori medan sosial seni, teori manajemen seni dan teori analisis strategi. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kajian dokumen. Metode analisis data model deduktif dan analisis SWOT melalui IFAS dan EFAS. Penelitian ini menghasilkan (1) Pola manajemen seni meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengimplementasian dan pengawasan (2) strategi program artistik yang dipakai yaitu menciptakan citra ruang seni yang unik, sebagai pembelajaran pengalaman estetik bagi generasi muda, sebagai the power of collaboration, promotion melalui kemitraan, dan community ownership; (3) Berdasarkan matrik analisis SWOT disarankan untuk menitikberatkan pada strategi partnership, strategi perluasan partisipasi publik dan kontribusi pada perubahan sosial, serta strategi peningkatan pendapatan atau profit dari program dan aktivitas. Kata kunci: Analisis Strategi, Unicorn Creative Space, Tata Kelola Seni
Published
2023-07-19
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 65