VISUALISASI FENOMENA HILANGNYA KASIH SAYANG ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KARYA TARI “O” MELALUI KEKUATAN TENAGA, RUANG, DAN WAKTU

  • KRISTIANTO EKO SAPUTRO

Abstract

Fenomena hilangnya kasih sayang orang tua terhadap anak semakin marak, karena semakin banyak anak-anak yang mencari perhatian di luar lingkungan keluarga. Orang tua yang sibuk dengan pekerjaanya, sibuk dengan kekayaan yang berlimpah sehingga lupa akan anak-anaknya. Dimasa remajalah seseorang sangat membutuhkan perhatian dari orangtuanya. Ketika seorang anak hasratnya tidak dipenuhi oleh kedua orangtua maka seorang anak remajapun akan mencari kasih sayang dan kesenangan diluar.

Tujuan dari karya ini adalah memvisualisasikan gagasan atas fenomena hilangnya kasih sayang yang terjadi antara orangtua dan anak dalam bentuk karya tari “O”, menyampaikan pesan moral atau nilai-nilai yang terkandung dalam fenomena hilangnya kasih sayang bentuk karya tari “O”menganalisis bentuk karya tari “O” yang menggunakan teori dengan kekuatan tenaga, ruang dan waktu baik dalam simbol gerak, dramatik, ekspresi, motivasi, maupun suasana.

Karya tari “O” akan menjadi inspiratif apabila maksud serta visual yang disajikan mampu dipahami oleh apresiator. Berawal dari satu tema tentang hilangnya kasih sayang yang saat ini banyak terjadi di kalangan anak, “O” berusaha mewujudkan fenomena tersebut dalam sebuah pertunjukan karya tari. Pada karya tari “O”, koreografer ingin menyampaikan sebuah pesan tentang kehidupan anak yang menjadi korban atas hilangnya kasih sayang orangtua terhadap anak yang berdampak positif. Dalam karya tari “O”. Gerak merupakan media utama sebagai pengungkap motivasi, selain gerak terdapat tiga unsur yang turut berperan andil dalam garap karya tari “O” yaitu tenaga, ruang, dan waktu. Dalam penggarapan karya tari O kesulitan yang ditemui koreografer adalah pada saat ingin penuangkan ide atau gagasan dalam sebuah gerak yang berkaitan dengan penggunaan elemen tenaga, ruang, dan waktu agar makna dan motivasi dapat tersampaikan dengan jelas.

kata kunci : Visualisasi Fenomena, Kekuatan, Ruang, dan Waktu

Published
2015-05-24
How to Cite
EKO SAPUTRO, K. (2015). VISUALISASI FENOMENA HILANGNYA KASIH SAYANG ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KARYA TARI “O” MELALUI KEKUATAN TENAGA, RUANG, DAN WAKTU. Solah, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/11553
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 20