BENTUK PENYAJIAN KARYA TARI “HEDONIS”

  • NANDYA RANITA.P.

Abstract

Karya tari “Hedonis” merupakan perwujudan dari kegelisahan koreografer tentang fenomena sosial wanita yang bersifat hedonis, dan konsumtif, yaitu kecenderungan untuk menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Perwujudan karya tari ini akan penggambaran wanita sederhana yang mendapatkan pengaruh dari lingkungan sekitar sehingga pengaruh yang masuk membuat wanita tersebut terjebak dalam lingkup gaya hidup sosialita. Menggunakan beberapa rujukan sebagai landasan dalam menyusun karya serta hasil dari proses yang telah terjadwal pada kegiatan.

Melalui proses penggarapan dengan melalui tahap eksplorasi, improvisasi, dan evaluasi, serta penyampaian melalui metode langsung yang diajarkan kepada penari. Dari tahapan-tahapan proses menghasilkan gerak-gerak centil sebagai penggambaran wanita hedonis senang bergaya, berasal dari gerak modern kemudian dikembangkan serta dipadupadankan dengan tekhnik gerak berlari, menggulung, dan melompat. Menggunakan busana yang telah didesain oleh koreografer serta elemen-elemen pendukung seperti musik pengiring, tata teknik pentas dan cahaya, property, serta pembentuk suasana dihadirkam untuk menambahkan kesan sosialita yang lebih dominan.

Sebagai pesan berupa nilai-nilai pembelajaran dan peringatan bagi masyarakat akan dampak gaya hidup yang terlalu berfoya-foya berakibat menjerumuskan ke dalam kesengsaraan. Karena koreografer melihat dari banyaknya masyarakat yang mulai sering terlihat dengan gaya hidup glamour. Agar masyarakat dapat memilah-milah dalam kehidupan bermasyarakat.

 

 Kata Kunci: Karya Tari, Hedonis, Sosialita

Published
2015-05-24
How to Cite
RANITA.P., N. (2015). BENTUK PENYAJIAN KARYA TARI “HEDONIS”. Solah, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/11554
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 42