ANALISA BENTUK MUSIK PADA KARYA MUSIK “BEBARENGAN”

  • RANDY FAKHRUDDIN ZAEN

Abstract

“BEBARENGAN” dalam bahasa Jawa yang berarti bersama-sama menggambarkan maksud yang ingin disampaikan komposer kepada penikmat atau pendengar tentang bagaimana pentingnya sebuah kebersamaan saat dihadapkan dengan banyaknya  perbedaan pada karakter setiap manusia. Untuk mencapai maksud yang diinginkan oleh komposer, penulisan ini akan difokuskan pada tinjauan komposisi yang ada dalam karya musik “BEBARENGAN”.

Teori-teori yang menunjang dalam membahas permasalahan pada penulisan karya ilmiah ini yakni tinjauan, komposisi, komposisi musik, pengertian musik, unsur-unsur musik, sumber bunyi, dan ilmu bentuk analisa musik. Didukung dengan teori-teori tersebut diharapkan pembahasan pada bentuk musik pada karya “Bebarengan” ini dapat tergambar dengan jelas.

“BEBARENGAN” merupakan jenis karya musik yang ditinjau berdasarkan fungsinya termasuk dalam musik programatik dan ditinjau dari sumber bunyinya merupakan musik instrumental. Berdasarkan fungsinya karya “Bebarengan” ini menceritakan beberapa suasana yang menggambarkan susana bersama-sama biasa disebut dengan musik programatik. Dilihat dari sumber bunyinya karya musik ini dimainkan tanpa ada sumber bunyi vokal, biasa disebut dengan musik instrumental. Pernyataan ini dikuatkan oleh Banoe (2003:196).  

Karya yang berdurasi 9, 54 menit dengan jumlah birama 183 ini terdidiri dari tiga bagian besar yakni AK, BK, CK. Peninjauan komposisi pada karya ini dilihat dari porsi-porsi yang di perankan setiap instrumen. Dengan membahas porsi pada setiap instrument diharapkan pembaca dapat mengerti bagaimana komposer mengaransmen, menyusun bagian, dan mengorkestrasi instrument sehingga terbentuk sebuah karya yang utuh.  

Kata kunci : Kebersamaan, orkestra, tinjauan komposisi

Published
2015-05-24
How to Cite
FAKHRUDDIN ZAEN, R. (2015). ANALISA BENTUK MUSIK PADA KARYA MUSIK “BEBARENGAN”. Solah, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/11557
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 68