TEKNIK PERMAINAN KRONTJOENG TOEGOE DE MARDJIKER JR. PADA LAGU “CAFRINHO”

  • SIGIT AJI SYAFII

Abstract

Keroncong merupakan musik yang digarap dan diciptakan asli oleh bangsa Indonesia. Bermula dari perdagangan oleh Portugis yang menimbulkan perbudakan dan akhirnya meninggalkan berkas di Afrika, India, Malaya yang dikenal dengan Indo Portugis dan disebut pula dengan istilah “Portugis Hitam”. Di Tugu di tempat mereka bermukim kemudian lahir musik keroncong yang disebut Keroncong Toegoe. Salah seorang putera Toegoe yang juga pemain keroncong dan pendiri Ikatan Keluarga Besar Toegoe yaitu Arend J Michiels, pada tanggal 12 Juli 1988 mengumpulkan anak anak muda Toegoe yang tidak pernah dilibatkan apalagi diajak bergabung bermain musik keroncong, untuk dilatih dan dididk menjadi pemain musik keroncong dan diajak untuk turut melestarikan musik kerocong, warisan leluhur. Pada hari yang sama pula mendeklarasikan berdirinya Group "Krontjong Toegoe". Tepat tanggal 5 Oktober 2008 mereka membentuk group keroncong Tugu junior yang disebut “de Mardijkers Jr"

Berdasarkan permasalahan, penulis merasa tertarik untuk mengangkat “Teknik Permainan Krontjong Toegoe de Mardijkers Jr pada lagu Cafrinho”. Adapun teknik yang dipelajari dalam bermain Keroncong Tugu pada lagu Cafrinho Adapun teknik yang dipelajari dalam bermain Keroncong Tugu pada lagu Cafrinho diantaranya teknik permainan pada instrumen ukulele (cuk), teknik permainan pada instrumen banjo (cak), teknik permainan cello keroncong, teknik permainan bass atau kontrabass serta teknik permainan pada instrumen biola.

 

Kata Kunci : Teknik Permainan, Keroncong Tugu, de Mardjikers.

Published
2015-05-24
How to Cite
AJI SYAFII, S. (2015). TEKNIK PERMAINAN KRONTJOENG TOEGOE DE MARDJIKER JR. PADA LAGU “CAFRINHO”. Solah, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/11559
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 35