KARYA MUSIK “ROLLS CON MAESTOSO” DALAM TINJAUAN BENTUK LAGU DAN VARIASI RITME PERKUSI

  • DENI SANTOSO

Abstract

“Rolls Con Maestoso” diambil dari bahasa Itali yang diartiakan kedalam bahasa Indonesia adalah musik Pemimpin yang Agung. Agung yang dimaksud di sini adalah suasana dari karya “Rolls Con Maestoso”. Karya musik “Rolls Con Maestoso” menggambarkan tentang sifat seorang pemimpin yang agung. Pemimpin yang berpedoman pada Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani. Tema tersebut cukup memberikan referensi bagi komposer dalam pengembangan imajinasi karya musik.
Karya musik “Rolls Con Maestoso” berpedoman pada teori prier bentuk lagu dan variasi ritme dimana bentuk lagu memiliki kalimat/periode yang artinya sejumlah ruang birama (biasanya 8 atau 16 birama) yang merupakan satu kesatuan, sedangkan variasi ritme adalah panjang pendeknya nada, birama atau tempo yang dirubah.
Karya musik “Rolls Con Maestoso” terdapat empat periode lagu yang memiliki 8 birama dan kelompok tersebut periode A, B, C, D. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 birama, pertama sebagai frase tanya dan frase jawab. 4 birama pertama disebut pertanyaan (antecedent) dan 4 birama berikutnya disebut kalimat jawaban (consequent). Pada bagian A (a-a¹), B (b-b¹), C (c-c¹), D (d-d¹).
Karya musik “Rolls Con Maestoso” instrumen perkusi merupakan bagian dari konsep karya musik tersebut, yang dapat mempertegas suasana sesuai yang diinginkan oleh komposer. Karya musik “Rolls Con Maestoso” mengutip teori yang dikemukakan oleh Prier, yang menjelaskan bahwa dalam variasi ritme terdapat variasi yaitu durasi, tempo dan sukat. Karya musik“Rolls Con Maestoso”terdapat variasi ritme yang ditandai dengan ritme A (a-a¹), pola ritme B (b-b¹), pola ritme C (c-c¹), D (d-d¹), E (e-e¹), F (f-f¹), G (g-g¹).
Semoga apa yang telah komposer sampaikan secara sederhana ini bisa menjadi referensi yang menarik, menambah wawasan dan pengetahuan, serta dapat membawa perubahan yang positif bagi diri komposer, bagi mahasiswa sendratasik dan bagi pembaca sekalian.

Kata kunci : Bentuk Lagu Dan VariasiRitmePerkusi, Rolls Con Maestoso.

Published
2016-01-28
How to Cite
SANTOSO, D. (2016). KARYA MUSIK “ROLLS CON MAESTOSO” DALAM TINJAUAN BENTUK LAGU DAN VARIASI RITME PERKUSI. Solah, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/14131
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 143