STRUKTUR HARMONI PADA KARYA MUSIK “SING ISN’T LIPSYNC”

  • NUR IRFAN ISMAIL

Abstract

Sing Isn’t Lipsync adalah karya musik yang menceritakan ketidak setujuan komposer terhadap adanya Lipsync yang saat ini lebih ditonjolkan seorang penyanyi. Karya ini dimainkan dengan komposisi kuartet vokal dengan susunan pemain 4 penyanyi tenor. Berawal dari menyaksikan teman-teman paduan suara menyanyikan lagu-lagu klasik dan membandingkan dengan para boyband dan girlband yang hampir setiap penampilan melakukan Lipsync.
Pada karya “Sing Isn’t Lipsync” menggunakan format quartet vokal, yaitu Tenor 1, Tenor 2, Tenor 3, dan Tenor 4 berdurasi 8 menit 40 detik. Harmoni menjadi pilihan komposer dalam meninjau karya musik ini, karena harmoni merupakan unsur yang sangat berpengaruh terhadap musik. Adapun struktur harmoni dalam karya musik Sing Isn’t Lipsync yang akan dikaji adalah progres akord, modulasi, dan kadens.
Judul Sing Isn’t Lipsync dipilih karena komposer merasa bahwa teknik Lipsync merupakan suatu teknik yang hanya mengandalkan kebutuhan pasar. Namun tidak menjamin sebuah kualitas yang bagus dari penyanyi itu sendiri.
Kata kunci    : Harmoni, Lipsync, karya musik

Published
2016-01-28
How to Cite
IRFAN ISMAIL, N. (2016). STRUKTUR HARMONI PADA KARYA MUSIK “SING ISN’T LIPSYNC”. Solah, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/14132
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 166