KARYA MUSIK “JAZZ PHOBIA DALAM TINJAUAN MUSIK JAZZ

  • NIKEN WAHYU F

Abstract

Karya musik “Jazz Phobia” merupakan karya musik yang bertemakan tentang ketakutan akan  musik jazz. Tema tersebut muncul karena pengalaman komposer yang awalnya mempunyai rasa takut terhadap musik  jazz yang identik dengan variasi akord, syncop, tehnik dan irama. Rasa takut akan hilang jika karena muncul rasa senang itulah keinginan si komposer dan pada akhirnya muncul ide menciptakan karya musik “Jazz Phobia”.    Karya musik “Jazz Phobia” menggunakan kajian teori diantaranya irama-irama. Irama-irama yang terkandung dalam karya ini seperti jazz fussion, bebbob, latin dan soul jazz di sertai dengan pendukung elemen dan unsur  jazz meliputi, blue note, improvisasi, poliritmik, sinkop dan swung note.
metode penciptaan karya ini dimulai dengan adanya inspirasi terhadap band jazz luar negeri seperti halnya, Quasimode, snarky puppy, hiromi dan sebagainya. Format penyajian karya music “Jazz Phobia” adalah orchestra dengan susunan instrument strings section, combo section brass dan wood wind section yang memakai tata formasi panggung seperti layaknya formasi orchestra dengan penempatan solo gitar didepan.
Analisis dan pembahasan tinjauan musik jazz pada karya musik “Jazz Phobia” menujukan bahwa terdapat beberapa pembagian kalimat yang dimana setiap bagian kalimat memiliki irama jazz yang berbeda dengan variasi rhythm yang berda serta memiliki variasi progres akord dan pengembangan kalimat utama. Pengembangan irama merupakan kunci utama dalam pembahasan karya musik “Jazz Phobia”
Dengan terciptanya karya musik “Jazz Phobia”  ini, semoga bisa menjadi refrensi bagi para mahasiswa dan masyarakat umum agar mengetahui irama dan pola rhythm musik jazz.

Kata kunci: Jazz Phobia, tinjauan musik jazz, irama musik jazz

Published
2016-01-28
How to Cite
WAHYU F, N. (2016). KARYA MUSIK “JAZZ PHOBIA DALAM TINJAUAN MUSIK JAZZ. Solah, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/14133
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 120