TEKNIK PENCIPTAAN MAKE UP DAN KOSTUM PADA NASKAH KISAH PERTUALANGAN ASTERIX EPISODE “ASTERIX MENYEBERANGI SAMUDERA” KARYA GOSCINNY DAN UDERZO ADAPTASI PUTHUT BUKHORI SUTRADARA LILIK SUMARNI

  • SANDI TRAMIAJI J

Abstract

Kisah Pertualangan Asterix  Episode “Asterix Menyeberangi Samudera” merupakan  komik karya Goscinny dan Uderzo  yang didalamya berisi pertulangan Asterix dan Obelix mengarungi samudra untuk mencari ikan sebagai bahan ramuan ajaib untuk pasukan Galia agar lebih kuat. Didalam perjalanan mereka mereka bertemu berbgai tokoh yang berbeda ras.
Dalam proses pengarapan  pementasan,  penulis bertugassebagai penata make up dan kostum. Penulismelihat  perteateran di Jawa Timur kurang disertai  dengan perkembangan make up dan kostum yang layak. Oleh karena itu penulis melakukan pengarapan make up dan kostum Kisah Pertualangan Asterix “Asterix Menyeberangi Samudera”, dengan  teknik yang dipaparkanTodd Debrcenni yaitu teknik 3 dimensi dengan media lateks yang telah dicetak. Henrry Field menjelaskanan  anatomi wajah berbagai  bangsa yang nantinya dijadikan dasar untuk membuat cetakan lateks.
Kostum mengunakan teknik digunting dan dijahit  dan  pendekatan bentuk kostum  komik. Tujuan pendekatan bentuk bedasarkan komik adalah agar ikon tokoh-tokoh  pada Kisah Pertualangan Asterix  Episode “Asterix Menyeberangi Samudera” bisa diterima oleh penonton. Pendetailan kostum berasal dari data visual bedasarkan latar cerita bedasarkan analisis naskah bersama sutradara. Tujuan teknik dan pendekatan makeup dan kostum tersebut agar  lebih realis sesuai dengan konsep garapan sutradara, dan nantinya menjadi tontonan yang menarik tanpa menghilangkan unsur-unsur dalam komik dan latar yang dihadirkan dalam naskah.

Kata kunci: Make up, Kostum, Asterix

Published
2016-01-28
How to Cite
TRAMIAJI J, S. (2016). TEKNIK PENCIPTAAN MAKE UP DAN KOSTUM PADA NASKAH KISAH PERTUALANGAN ASTERIX EPISODE “ASTERIX MENYEBERANGI SAMUDERA” KARYA GOSCINNY DAN UDERZO ADAPTASI PUTHUT BUKHORI SUTRADARA LILIK SUMARNI. Solah, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/14135
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 683