Karya Musik “Overture Metafora” Dalam Tinjauan Aransemen

  • AFIF FATHIN KOESHADI

Abstract

Sistem politik di Indonesia yang dikuasai oleh para politikus dari berbagai macam partai politik layaknya badut yang bermain dalam sebuah pertunjukan sirkus. Badut-badut politik tersebut memainkan perannya dalam sebuah panggung opera politik di Indonesia. Mereka merasa tak perlu malu-malu untuk memperlihatkan kreasinya dalam menjalankan taktik menuju imperium. Penggunaan kata badut dalam politik dimaknai secara denotatif sesuai dengan majas metafora. Berpijak dari fenomena tersebut, maka lahirlah karya musik dengan judul “Overture Metafora”. Karya ini menggunakan bentuk musik overture dengan format ansambel campuran. Penulisan karya musik “Overture Metafora” difokuskan pada tinjauan aransemen.
Karya musik “Overture Metafora” ditinjau dari segi aransemen musik berdasarkan ilmu aransemen pada bagian yang sudah disusun oleh komposer, antara lain; (1) melodic variation; (2) filler; (3) obbligato; dan (4) counter melody yang disusun dari segi komposisi, yaitu; (1) introduction; (2) transition; (3) retransition; (4) codeta; (5) interlude; (6) episode; (7) disolution; (8) coda; dan (9) postlude.
Karya musik “Overture Metafora” mempunyai unsur-unsur aransemen dalam keilmuan aransemen yang disusun melalui bentuk komposisinya. Bagian introduksi, intrumen bell lyre berperan sebagai melodi pokok pengantar, vibraphone sebagai pembentuk akor dalam tangga nada Bm. Modulasi dan pergantian sukat  dikupas pada bagian transisi. Variasi melodi yang digunakan ada tiga macam, yaitu melodic variation and fake, rhytmic variation and fake, dan composite melodic variation and fake. Pada retransisi, interlude, dan koda juga terdapat obbligato dan filler. Kodeta dalam kekaryaan ini berfungsi untuk mengkonfirmasi kadens. Karya ini mempunyai interlude yang terdapat pada kalimat e dan sebuah episode yang berdiri sendiri, bersifat meninggalkan tema birama 148-156. Terdapat dua disolusi untuk mengantarkan transisi dan retransisi menuju bagian baru. Sebagai penutup, terdapat postlude yang berfungsi memberikan kesimpulan.
Melalui karya musik “Overture Metafora”, diharapkan  mahasiswa dan masyarakat umum dapat menjadi referensi, wacana, dan inspirasi dalam mengungkapkan isi hati melalui media musik serta mengetahui tentang keunikan musik badut dalam politik.

Kata kunci: Overture Metafora, ansamble, brass, aransemen

The political system in Indonesia which is dominated by politicians from various political parties are playing like a clown in a circus. The political clowns play his role in a political opera stage in Indonesia. They no need to feel shy to show his creations in tactics towards the empire. The use of clown word in politics interpreted as denotative in accordance with the metaphorical figure of speech. Based on the phenomenon, Then was born the musical works by title “Overture Metafora”. This work use a form of musical overture with ensemble format mixture. The writing of musical works "Overture Metafora" is focused on a review arrangements.
Musical works "Overture Metafora" in terms of musical arrangements by the science of arrangements that already drafted by the composer, such as; (1) melodic variation; (2) filler; (3) Obbligato; and (4) a counter melody which composed in terms of composition, that is; (1) introduction; (2) transition; (3) retransition; (4) codeta; (5) interlude; (6) episode; (7) disolution; (8) coda; and (9) postlude.
Musical work "Overture Metafora" has elements of arrangements in the scientific arrangements are arranged through the form of compositions. Introduction part, bell lyre instrument role as an introductory basic melody, vibraphone as a shaper of the scales Bm chord. Modulation and replacement of measures peeled on the transition. melodic variation and fake, rhytmic variation and fake, and composite melodic variation and fake. On the re-transition interlude, and there is also a coda obbligato and filler. Codeta in this work serve to confirm the kadens. This work has interlude contained in the sentence e and a stand-alone episode, is leaving the theme barline 148-156. There are two dissolution to deliver transition and re-transition toward new section. As cover, there is a postlude which serves to provide a conclusion.
Through the musical works "Overture Metafora", the students and general public is expected could be a reference, a discourse, and an inspiration to reveal the heart's content through the media of music and to find out about the uniqueness of music clown in politics.

Keyword: Overture Metafora, ensamble, brass, arrangements

Published
2016-01-28
How to Cite
FATHIN KOESHADI, A. (2016). Karya Musik “Overture Metafora” Dalam Tinjauan Aransemen. Solah, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/14137
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 99