KARYA MUSIK “SCHERZO CON BRILLANTE” DALAM TINJAUAN PENERAPAN KOMPOSISI

  • SAIFUDDIN

Abstract

Ide awal mula seorang seniman dalam membuat sebuah karya musik salah satunya adalah hal yang dialaminya atau hal yang pernah dilihat. Ide tersebut muncul ketika seniman mengalami fenomena yang menarik dan pantas untuk dijadikan sebagai tema sebuah karya musiknya. Penulis terinspirasi akan hal yang pernah dilalui dan dilihat dalam perjalanan hidupnya ketika penulis merasakan halusinasi musik saat sedang berkendara yang kemudian diungkapkan dengan pengkomposisian karya musik. Pada penulisan ini akan membahas lebih lanjut  tentang tinjauan komposisi, karena komposer ingin memahami dan mendalami disiplin ilmu komposisi musik dalam penerapan format musik String Quartet.
Istilah komposisi diartikan sebagai susunan atau “rangkaian” dari medium dan membentuk bagian-bagian komposisi, sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh (Sukerta, 2011:2). menurut Preston Ware Orem dalam bukunya yang berjudul “Theory and Composition” (1924:3) menyatakan bahwa di dalam komposisi terdapat Melody, Harmony, Accompaniments, tonal relations dan modulation. Dapat ditarik kesimpulan bahwa komposisi adalah menyusun atau merangkai karangan dari medium hingga membentuk satu kesatuan yang utuh.
Karya musik “Scherzo Con Brillante” ini terdiri atas 195 birama dengan durasi waktu 9 menit 9 detik. Tempo yang digunakan adalah Moderato dan Andante. Tangga nada yang dimainkan adalah G mayor dan Bb/G minor dengan sukat 4/4. Instrumen yang digunakan pada karya ini adalah instrumen gesek violin 1, violin 2, viola,dan violoncello. Pemilihan instrumen ini dengan alasan komposer memahami dan mendalami instrumen gesek dalam perkuliahan. Metode analisa yang digunakan adalah pertama mendengarkan referensi musik yaitu lagu-lagu klasik. Dari referensi musik tersebut komposer tertarik untuk membuat melodi utama, kemudian mencari proges acord dan ritmis yang cocok sesuai dengan keinginan komposer. Terlebih dahulu komposer menulis notasi balok  lagu yang sudah ada dengan menggunakan software Sibelius 7.5.
Berdasarkan hasil penciptaan dan pembahasan simpulan yang didapat mengenai karya musik “Scherzo Con Brillante” dalam tinjauan komposisi, yaitu karya musik “Scherzo Con Brillante” merupakan karya musik yang berbentuk satu bagian dengan pengembangan motif variasi yang disajikan dengan format String Quartet yang sudah terbagi-bagi porsi masing-masing instrumen dengan teknik penerapan ilmu komposisi.
Kata kunci :Scherzo, Brillante, Komposisi

Published
2016-01-28
How to Cite
SAIFUDDIN,. (2016). KARYA MUSIK “SCHERZO CON BRILLANTE” DALAM TINJAUAN PENERAPAN KOMPOSISI. Solah, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/14138
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 64