KARYA MUSIK “SALVATORE” DALAM TINJAUAN ORKESTRASI

  • NANDA KURNIA NOVANDHI

Abstract

“Salvatore” berasal dari Bahasa Latin yang berarti penyelamat, kata tersebut diangkat menjadi judul pada kaya ini karena sangat mendukung fenomena yang diangkat. Perilaku manusia yang semakin buruk menjadi persoalan yang menarik untuk diangkat, ditandai dengan banyaknya kasus-kasus kriminal yang melibatkan manusia. Jika dilihat dari sudut pandang Agama Kristen-Katholik, mereka lupa akan keselamatan yang diberikan oleh Yesus Kristus. Dari fenomena tersebut, composer memiliki ide untuk menciptakan karya musik “Salvatore”.
Kajian teori yang digunakan pada komposisi ini diambil dari beberapa buku yang membahas tentang musik, vokal, bentuk musik, orkestrasi, orkestra, unsur musik, serta hasil penciptaan yang relevan terhadap karya ini seperti karya dari J S Bach dan Wolfgang Amadeus Mozart
Dalam langkah-langkah penciptaan karya ini dilandasi dengan ilmu analisis bentuk musik sebagai acuan untuk membangun karya ini. Karya ini bergaya klasik. Dengan instrumen dan pemain yang dipilih secara seksama, serta penataan panggung untuk mendukung karya musik ini. Proses penciptaan berawal dari eksplorasi dan kerja studio, kemudian metode analisa dan evaluasi, kemudian metode penyampaian materi kekaryaan.
Pada penulisan ini membahas lebih lanjut  tentang analisis orkestrasi. Analisis yang dilakukan diantaranya analisis orkestrasi bagian 1, analisis orkestrasi bagian 2, analisis orkestrasi bagian 3, analisis orkestrasi bagian 4.
Karya musik yang berjudul ”Salvatore” ini termasuk bentuk campuran, karena di dalam komposisi musik ini terdapat 4 (empat) bagian yang dimana masing-masing bagian memiliki bentuk musik yang berbeda.

Kata kunci : Penyelamat, Bentuk Musik, Orkestrasi

"Salvatore" from Latin Language, which means savior. The word is used as the title to this work because, supporting the phenomenon. The phenomenon is bad human behavior. In the viewpoint of Christian-Catholic, they forget the salvation provided by Jesus Christ. From this phenomenon, the composer had the idea to create a piece of music "Salvatore".
Study of theories used in this paper to support the compositions made taken from several books about music, vocal, musical forms, orchestration, orchestra, musical elements, there are also the result of the creation that are relevant to the work of this music, like the works of JS Bach and Wolfgang Amadeus Mozart.
In the steps of creating the work is based on the analysis of forms of music as a reference to develop this work. This work is a classic style, with the instruments and players were selected carefully, and structuring stage to support the work of this music. The creation process begins with the exploration and studio work, then the method of analysis and evaluation , and delivery methods workmanship .
In this paper discusses the orchestration. Analysis is conducted orchestration analysis part 1, orchestration analysis part 2, orchestration analysis part 3, and orchestration analysis part 4.
Musical work entitled "Salvatore" is included into the free form, because in this composition there are four sections, where each section has a different form of music.

Keywords: Savior, Forms of Music, Orchestration.

Published
2016-07-14
How to Cite
KURNIA NOVANDHI, N. (2016). KARYA MUSIK “SALVATORE” DALAM TINJAUAN ORKESTRASI. Solah, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/15887
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 57