TEKNIK GERAK BODY CONTACT PADA KARYA TARI GREGET NYALAMI

  • FAHMIDA YUGA P

Abstract

Salaman merupakan sebuah bentuk interaksi sosial yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Interaksinya membudaya sangat menarik untuk diungkapkan menjadi sebuah karya koreografi baru. Penulis mencoba mengungkapkan susunan koreografi dengan fokus karya makna salaman dan teknik gerak body contact berdasarkan jumlah penari.
Kajian teori koreografi dari berbagai ahli dijadikan sebagai pijakan dalam penciptaan karya tari ini meliputi, teori koreografi sebagai teknik oleh Sumandiyo Hadi, metode konstruksi I oleh Jacqueline Smith, Elemen Dasar Komposisi Tari oleh La Meri, Konsep Salaman, dan Konsep Body Contact, dan teori makna oleh Marcel Danesi. Hasil penciptaan karya tari yang relevan juga turut menjadi sumber atau referensi mengenai konsep, teknik, dan penggunaan jumlah penari untuk memperlihatkan perbedaan orisinalitas masing-masing karya tari.
Metode penciptaan meliputi pendekatan metode konstruksi I Jacqueline Smith, penyusunan konsep terdiri dari: tema, judul dan sinopsis, teknik, gaya; seni pendukung terdiri: dari iringan musik, tata lampu, tata rias busana, tata panggung, penari, dan proses yang dimulai dari rangsang, kerja studio sampai terbentuknya karya tari dengan judul Greget Nyalami.
Visualisasi simbol makna salaman dengan penerapan teknik gerak body contact berdasarkan jumlah penari, koreografer mengatur berbagai motivasi jumlah penari tersebut secara bervariasi. Pengaturan variasi jumlah penari untuk menyimbolkan berbagai makna salaman bertujuan untuk menjadikan karya tari Greget Nyalami sebagai karya tari multi interpretatif.

Kata Kunci: Greget Nyalami, Salaman, body contact

Published
2016-07-29
How to Cite
YUGA P, F. (2016). TEKNIK GERAK BODY CONTACT PADA KARYA TARI GREGET NYALAMI. Solah, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/16468
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 28